25 radar bogor

Tinjau Kelompok Tani, Dokter Rayendra Soroti Urban Farming

Dokter Raendi Rayendra melaksanakan panen di kebun binaan KWT Kelurahan Kedung Badak, Tanah Sareal, Minggu (14/5). (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor bersama muspika setempat dan Dr. dr Raendi Rayendra, SpKK, M.Kes, FINSDV,FAADV melaksanakan panen di kebun binaan KWT. Sedikitnya, puluhan kilogram sawi dari beragam varian berhasil dipanen, Minggu (14/5).

Dalam kesempatan yang bertajuk “Ngariung Sehat” banyak edukasi yang diterima KWT serta masyarakat setempat tentang pentingnya peranan wanita, khusunya Ibu Rumah Tangga dalam perannya menjaga kesehatan keluarga.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, Dokter Rayendra Gelar Pasar Murah Daging

Ikut aktif dalam kegiatan panen, Dr Rayendra menjelaskan pentingnya kesadaran menanam tanaman pangan di lahan pekarangan rumah atau istilahnya Urban Farming. Selain dapat mengamakan stok pangan, juga secara ekonomi masyarakat bisa menekan biaya belanja hariannya.

“Kalau kita punya tanaman pangan sendiri, minimal kebutuhan sehari hari bisa terbantu bahkan tercukupi,” jelasnya

Lebih lanjut Dr Rayendra berharap, semangat KWT dalam mensosialisasikan Gerakan tanam pangan mandiri bisa menular ke warga lainnya.

“Banyak manfaat sayuran yang dikupas, misalnya sayuran sawi, diantaranya meningkatkan imunitas, anti oksidan, menurunkan kadar kolesterol, juga ada zat anti kanker yang terdapat di dalam sawi banyak kegunaan nya ibu ibu, sawi juga bisa bikin awet muda,” kata Dokter Rayendra.

Baca Juga: Tim Pesantren Sehat Dokter Rayendra Kunjungi Ponpes Mathlaul Huda

Ketua KWT Kelurahan Kedung Badak, Ira menuturkan bahwa kendala KWT saat ini adalah masih kecilnya pengetahuan warga tentang pentingnya bercocok tanam mandiri.

“Semoga dalam perkembangannya makin banyak para ibu yang mulai menanam di pekarangan rumahnya, minimal untuk konsumsi keluarga kecilnya, “ tuturnya.(*/adv)

Editor: Imam Rahmanto