25 radar bogor

Kompetisi Suprarasional, 149 Ribu Murid Bersaing di Bogor

Kompetisi Matematika yang diikuti ribuan murid dari seluruh sekolah di Indonesia berlangsung di Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (14/5).

KEMANG-RADAR BOGOR, Klinik Pendidikan MIPA kembali menggelar Kompetisi Matematika Suprarasional ke-18 di Pusbang SDM Aparatur Perhubungan, Kemang, Minggu (14/5).

Ketua Panitia babak final kompetisi, Muchammad Fachri mengatakan, kompetisi ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Murid-murid itu datang dari seluruh kawasan di Indonesia.

“Ini kompetisi terbesar se-Indonesia karena diikuti dari babak awal sebanyak 149 ribu siswa seluruh Indonesia dan terbagi 12 level, kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA,” ungkap Fachri.

Ia menjelaskan, kompetisi ini cukupp unik karena mengenakan tarif pendaftaran seikhlasnya untuk semua kategori.

“Kenapa hanya mengambil soal Matematika, sebenarnya ada IPA juga tapi waktu berbeda. Sekarang khusus Matematika nanti sekitar bulan Juni untuk mata pelajaran tentang IPA,” kata Fachri.

Sebanyak 1.559 anak mengikuti babak final, hari ini. Meskipun sebenarnya panitia meloloskan sekira 1.878 anak. Para [[eserta berasal dari sekolah negeri maupun swasta.

Targetnya, hasil kompetisi ini untuk menjaring siswa-siswa yang layak ke tingkat internasional.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto