25 radar bogor

Final Kami Datang! Timnas U-22 Indonesia Tekuk Vietnam dengan 10 Pemain

KAMBOJA-RADAR BOGOR, Timnas U-22 Indonesia berhasil melangkah ke babak final Sea Games 2023, setelah menuntaskan perlawanan Vietnam secara dramatis Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga :Piala Asia 2023, Timnas Indonesia di Grup Neraka. Erick Thohir : Semua Bisa Terjadi!

Meski bermain dengan 10 pemain dan diwarnai gol bunuh diri, Garuda Nusantara berhasil menang dengan akor 3-2.

Timnas U-22 Infdonesia unggul terlebih dahulu melalui gol Komang dan Muhammad Ferrari, sementara Vietnam menyamakan kedudukan lewat gol Nguyin Van Tung dan gol bunuh diri Bagas Kaffa. Di masa injury time, Muhammad Taufany berhasil mencetak gol kemenangan Indonesia.

Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke final SEA Games 2023. Sementara Vietnam harus berjuang untuk memperebutkan medali perunggu.

Indonesia mengenakan seragam utama merah dan Vietnam memakai jersey putih. Kim Hee-gon dari Korea Selatan menjadi wasit.

Indonesia memimpin tepat pada menit ke-10. Lemparan ke dalam Pratama Arhan disambut Komang Teguh untuk merobek gawang Vietnam.

Kedua tim saling jual beli serangan. Striker Nguyen Van Tung coba menyamakan kedudukan bagi Vietnam, tapi tendangan volinya melambung.

Timnas U-22 Indonesia membalas melalui serangan balik. Namun eksekusi Ramadhan Sananta masih bisa diantisipasi kiper Vietnam.

Peluang bagi Indonesia. Amiruddin Bagas tinggal berhadapan dengan kiper Vietnam usai menerima umpan Fajar Fathur Rachman. Namun, sudut terlalu sempit dan tendangannya bisa dihalau.

Selanjutnya usaha Alfeandra Dewangga dan Pratama Arhan belum tepat sasaran. Vietnam lalu membalas melalui Nguyen Van Tung.

Usahanya berbuah sepak pojok. Dari situasi tersebut, sang penyerang mampu menyamakan kedudukan melalui tandukan di menit ke-36.

Vietnam mengakhiri babak pertama dalam posisi di atas angin. Wasit kemudian memberi tambahan waktu lima menit.

Kericuhan antarpemain terjadi menyusul tekel Komang Teguh. Dari insiden ini, pengadil memberi kartu kuning kepada Alfeandra Dewangga dan Vo Minh Trọng. Skor sendiri tidak berubah dan 1-1 pada jeda laga sepak bola SEA Games 2023.

Babak kedua dimulai dengan Indonesia dan Vietnam melakukan pergantian personel. Ananda Raehan dan Komang Teguh ditarik keluar.

Sebagai pengganti hadir Taufany Muslihuddin dan Muhammad Ferarri. Sementara di kubu Vietnam, Nguyen Thai Son diganti Huynh Cong Den.

Lemparan ke dalam Pratama Arhan kembali jadi senjata Indonesia. Bola lemparannya hanya bisa ditinju kiper Vietnam.

Bola jatuh ke kaki Marselino Ferdinan yang melepas tendangan jarak jauh. Si kulit bundar mengenai kaki Muhammad Ferrari sehingga membelok dan merobek gawang lawan. Indonesia kembali unggul 2-1.

Vietnam merespon ini dengan memasukkan Nguyen Van Truong dan Khuat Van Khang. Mereka mengisi tempat yang ditinggalkan Vo Minh Trọng dan Nguyen Duc Phu.

Indonesia juga mengindikasikan bakal bertahan. Rio Fahmi masuk mengganti Witan Sulaeman.

Dalam kondisi tertekan, Indonesia akhirnya gagal meredam serangan Vietnam. Bola silang gagal diantisipasi sempurna pertahanan Indonesia. Amiruddin Bagas yang coba membuang bola justru merobek gawang sendiri di menit ke-78.

Ernando Ari jadi penyelamat Indonesia. Kiper Persebaya Surabaya itu mementahkan tendangan Khuat Van Khang dan sundulan Nguyen Van Tung untuk membuat skor tetap imbang.

Ofisial kali ini menambah waktu delapan menit. Indonesia coba melancarkan serangan balik tapi kandas. Sedangkan tendangan Nguyen Van Tung dan Nguyen Van Truong masih melambung.

Indonesia kembali memimpin melalui Taufany Muslihuddin di menit ke-90+6. Laga selesai. Indonesia kembali masuk final SEA Games untuk kali pertama sejak 2019.

Indonesia juga berpeluang merebut emas setelah menanti sejak 1991. Pemenang Thailand vs Myanmar menunggu mereka di laga puncak. (net)

Editor : Yosep