25 radar bogor

Piala Asia 2023, Timnas Indonesia di Grup Neraka. Erick Thohir : Semua Bisa Terjadi!

Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia berebut bola dengan pemain Kuwait, pada Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A, Kamis (9/6/2022) dini hari.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia berada di grup neraka pada pada Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar, Januari-Februari 2024. Berdasarkan hasil drawing, pasukan Shin Tae-yong masuk Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam.

Baca Juga : Rencana Besar Erick Thohir Soal Timnas U-20, Bikin Kejutan

Meski satu grup dengan negara-negara tangguh, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir tetap percaya diri Timnas Indonesia bisa tampil maksimal di Piala Asia 2023.

Apalagi, katanya, sepak bola ditentukan dari waktu full 90 menit. Jadi, segala kemungkinannya bagi Timnas Garuda Indonesia masih dapat terjadi.

“Semua bisa terjadi dalam 90 menit. Semua dimulai dengan skor 0-0,” kata Erick Thohir, dikutip dari keterangannya pada Jumat (12/5/2023).

Sudah dipastikan Timnas Indonesia tak lagi bisa main-main untuk mempersiapkan semua demi bisa lolos dari grup D.

Pasalnya Indonesia tergabung ke dalam grup yang notabene berisi negara-negara dengan kekuatan super layaknya Jepang dan Irak. Kemudian masih ada Vietnam yang menjadi saingan di Asean.

Meski demikian, Erick Thohir meminta para pemain Timnas Indonesia jangan dulu menyerah sebelum bertanding.

Ada waktu 90 menit di dalam sepak bola yang bakal menentukan, meskipun Erick Thohir juga sadar bahwa peluangnya kini sangat sulit untuk Indonesia.

“Kami sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh,” paparnya. “Kami siap meski tantangannya tidak mudah,” tutur Erick Thohir menambahkan.

Baca Juga : Timnas U-20 Tersingkir di Piala Asia, STY Sebut Ini Kekurangan Garuda Nusantara

Sekadar informasi, Timnas Indonesia akan berkompetisi di ajang Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Qatar pada 12 Januari sampai 14 Februari 2024.

Piala Asia 2023 baru digelar tahun depan karena adanya perubahan tuan rumah, yang tadinya China ke Qatar. Untuk pemilihan tanggal dan bulan, Qatar lebih baik kondisi cuacanya antara bulan Januari dan Februari. (net/dis)

Berikut adalah hasil undian Piala Asia 2023

Grup A
Qatar
China
Tajikistan
Lebanon

Grup B
Australia
Uzbekistan
Syria
India

Grup C
Iran
Uni Emirat Arab
Hong Kong
Palestina

Grup D
Jepang
Indonesia
Irak
Vietnam

Grup E
Korea Selatan
Malaysia
Yordania
Bahrain

Grup F
Arab Saudi
Thailand
Kirgistan
Oman

Editor : Yosep