25 radar bogor

4 Hari Alami Gangguan, BSI Pastikan Seluruh Layanan Normal Lagi

BSI
Meski sudah normal kembali, gangguan layanan BSI dinilai telah merugikan nasabah.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Setelah sempat mengalami gangguan selama empat hari sejak Senin (8/5/2023), layanan BSI kembali normal.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi memastikan bahwa seluruh layanan perbankan meliputi pelayanan di cabang, ATM, dan Mobile Banking untuk seluruh nasabah sudah normal per hari Kamis (11/5/2023). Hery mengatakan, seluruh nasabah sudah dipastikan bisa melakukan transaksi seperti biasa.

“Alhamdulillah, seluruh layanan cabang, ATM, dan mobile banking sudah kembali normal. Coba saja teman-teman yang punya mobile banking, pasti sudah up layanannya dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi seperti biasanya,” kata Hery dalam konferensi pers di Gedung Wisma Mandiri I, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga : BSI Alami Gangguan Layanan 4 Hari, Temukan Indikasi Serangan Siber

Dia menambahkan, sejak layanan BSI mengalami gangguan pada hari Senin, 5 Mei 2023, pihaknya terus memastikan agar normalisasi dilakukan dengan memprioritaskan keamanan data dan dana nasabah. “Prioritas kami untuk meyakinkan data dan dana nasabah tetap aman di BSI,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hery memaparkan soal proses normalisasi yang dilakukan oleh BSI. Menurutnya, pada tanggal 9 Mei 2023 nasabah sudah bisa melakukan transaksi di jaringan cabang dan ATM BSI yang tersebar di seluruh Indonesia yang jumlahnya sekitar 2500 mesin.

Lalu, kata dia, pada malam harinya, secara bertahap layanan BSI Mobile sudah dapat diakses oleh nasabah dengan fitur-fitur basic. Kemudian pada tanggal 10 Mei pagi, BSI Mobile sudah bisa digunakan untuk bertransaksi untuk nasabah dengan fitur yang lebih lengkap.

“Kami menemukan indikasi dugaan serangan siber sehingga kami perlu melakukan evaluasi dan juga temporary switch off ke beberapa chanel untuk memastikan sistem kami aman. Terkait dengan dugaan serangan siber pada dasarnya perlu pembuktian lebih lanjut berupa audit dan digital forensik,” lanjutnya.

Sementara itu, saat ini BSI Terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait baik regulator, seperti OJK, BI Pemegang saham termasuk juga dengan lembaga pemerintah.

BSI juga terus berkomitmen untuk memperkuat pertahanan dan keamanan siber perbankan dan senantiasa menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhat-hati atas segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan BSI.

“Kami menyampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanan dan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada BSI,” tandasnya. (jpg)

Editor : Yosep