25 radar bogor

Tol Puncak Disambut Antusias Warga, Berharap Tanah Mereka Masuk Proyek

Ilustrasi pembangunan Tol Caringin-Cianjur
Ilustrasi pembangunan Tol Caringin-Cianjur

CARINGIN-RADAR BOGOR, Wacana pembangunan Tol Puncak Caringin-Cianjur kembali mencuat. terbaru, sudah ada perusahan pemrakarsa yang tertarik untuk membangun tol tersebut.

Baca Juga : Rencana Pembangunan Tol Puncak Kembali Mencuat, Butuh Rp25 Triliun

Dari hasil kajian, Tol Puncak ini dibagi dalam lima seksi. Dengan biaya pembangunan diperkirakan sebesar Rp25 triliun.

Wacana inipun disambut baik sejumlah warga di Kecamatan Caringin. Mereka berharap tanah mereka masuk dalam proyek Tol Puncak tersebut.

“Senang sih, harapnya ada tanah saya yang masuk dalam proyek, kan lumayan dapat ganti untung,” kata Ridwan salah satu warga Caringin, kepada Radar Bogor (11/5/2023).

Namun demikian, kata dia, setiap ada proyek pemerintah seperti ini, selalu ada biong tanah yang kerap merugikan masyarakat. Ia berharap agar masyarakat untuk tidak terkena bujuk rayu biong tanah. “Waspada aja biong tanah, biasanya banyak,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Caringin Rismawan mengaku, hingga saat ini belum mengetahui pasti lokasi yang akan dibangun Tol Puncak Caringin-Cianjur tersebut. “Belum tahu yang mana jadi lokasi pembangunan nantinya,” singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, wacana jalan bebas hambatan menuju Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor kembali mencuat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, pembangunan jalan Tol Puncak Jawa Barat masih dalam proses kajian.

Saat ini, telah ada perusahaan pemrakarsa yang tertarik untuk mengusulkan investasi di jalan Tol Puncak. Untuk pembangunan, dibutuhan Rp25 triliun.

Adapun wacana Tol Puncak ini pertama kali muncul pada Juli 2022 lalu. Saat itu, Tol Puncak ini direncanakan akan dibangun sepanjang 18 kilometer.

Baca Juga : Pintu Keluar Tol Puncak Rencananya Ada Dua, di Sini Lokasinya

Tol ini merupakan salah satu upaya memberikan solusi terkait permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Puncak-Bogor.

Sementara itu, dari hasil kajian terbaru, pembangunan jalan Tol Puncak diperkirakan akan bertahap. Jalan tol ini akan membentang sepanjang 52 kilometer (Km) dan terdiri dari lima seksi. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep