25 radar bogor

Sepakat Kerja Sama, Trans Pakuan Bakal Terintegrasi dengan Trans Jakarta dan LRT

Trans Pakuan
Bis Trans Pakuan tujuan Sentul City di shelter Cidanguang, SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Beberapa bulan ke depan, warga Kota Bogor bakal memiliki pilihan layanan transportasi umum baru menuju Ibu Kota, DKI Jakarta. Bus Trans Pakuan akan melayani rute perjalanan ke Cibubur dan terintegrasi dengan moda Trans Jakarta serta Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT).

Baca Juga : BISKITA Trans Pakuan Dimahkotai Transportasi Publik Ramah Anak

Rencana ini merupakan hasil kesepakatan kerja sama yang terjalin antara Perumda Trans Pakuan dengan PT Transportasi Jakarta. Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Balai Kota Bogor pada Kamis (11/5/2023).

Direktur Utama Perumda Trans Pakuan, Rachma Nissa Fadliya menjelaskan kerja sama merupakan bentuk peningkatan kapasitas manajemen Trans Pakuan dalam hal integrasi layanan dan juga rencana pengembangan koridor.

“Ke depan kami akan membuka layanan tujuan Terminal Baranangsiang-Cibubur (Halte Trans Jakarta di Cibubur Junction) dan Terminal Bubulak-Cibubur. Dari sana masyarakat bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota dengan menggunakan Trans Jakarta,” terangnya kepada Radar Bogor.

Selain itu masyarakat juga bisa melanjutkan perjalanan dengan LRT yang rencananya mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2023.

Nissa menyebut langkah ini merupakan upayanya mengakomodasi warga Kota Bogor yang banyak bekerja di Jakarta. Dirinya juga berharap rencana tersebut turut berdampak pada beralihnya masyarakat dari kendaraan pribadi atau moda lain ke transportasi umum. Sehingga bisa mengurangi kemacetan dan penumpukkan penumpang.

Rute ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat sejak pukul 05.00-22.00 WIB. Nissa menargetkan rute tersebut bisa beroperasi di pertengahan tahun. Namun hingga saat ini pihaknya belum dapat mengumumkan tarif yang dikenakan karena masih melakukan perhitungan.

Baca Juga : Belum Setahun, Penumpang Biskita Trans Pakuan Tembus 360 Ribu Orang

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, kerja sama ini juga menjadi momentum Pemerintah Kota Bogor untuk belajar dari Trans Jakarta.

“Kami sambungkan layanan Trans Pakuan dengan Trans Jakarta sambil belajar pengalaman terbaik dari Trans Jakarta. Kalau sudah ada kerja sama standar Trans Pakuan juga akan naik,” tuturnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep