25 radar bogor

Bisa Lapor Jalan Rusak di Kabupaten Bogor Lewat Medsos

Kondisi jalan raya Cicangkal - Leuwiranji yang belum ada perbaikan. (Radar Bogor/Jaenal Abidin)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengakui, banyak jalan rusak yang sering diadukan kepadanya. Ia pun berjanji bakal menindaklanjuti berbagai laporan masyarakat itu meskipun via media sosial (medsos).

Iwan telah menginstruksikan jajarannya untuk terus melakukan pendataan terkait jalan rusak itu. Berdasarkan catatannya, hanya 20 persen dari sepanjang 1.700 kilometer jalan kabupaten yang rusak.

Baca Juga: Pemkab Bogor Gelontorkan Rp330 Miliar untuk Jalan dan Jembatan

“Medsos juga jangan diabaikan, sekarang eranya teknologi. Kalau ada yang lapor, segera respons cepat. Pemeliharaan jalan ini harus kuat dan kami meminta asesmennya jalan, jembatan, dan jalan rusak harus benar-benar didata sehingga terukur,” tegasnya.

Aduan terkait jalan rusak bukan hanya pada jalan yang kewenangannya ada di Kabupaten Bogor. Beberapa jalan yang sering diadukan merupakan Jalan Provinsi, sehingga kewenangannya ada di provinsi.

Misal, kondisi jalan rusak kerap ditemui di jalur-jalur yang dilalui truk tambang seperti Rumpin, Cigudeg, Parungpanjang, dan Tenjo. Jalanan itu membutuhkan alternatif Jalur Tambang agar tidak terus dilalui kendaraan dengan beban tonase yang berat.

“Ada beberapa jalan provinsi yang memang kondisinya perlu perbaikan seperti yang sering diadukan warga seperti di Gunungsindur, Cileungsi, Jonggol dan lainnya,” paparnya.

Baca Juga: Jalan di Rumpin Hancur Lebur, Masyarakat Desak PUPR Segera Benahi

Status jalan itu tidak hanya jalan kabupaten. Sebagian merupakan jalan nasional, jalan provinsi, hingga jalan desa. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto