25 radar bogor

Membangun Komunitas di Sosial Media, Begini Cara dan Manfaatnya

BOGOR-RADAR BOGOR, Terdapat berbagai cara agar kita dapat membangun komunitas yang bermanfaat dalam era digital, khususnya di sosial media.

Topik itu pun dibahas dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Kominfo, bersama DPR RI, Ngobrol Bareng Legislator dengan tema Membangun Komunitas Melalui Sosial Media”, Rabu, 10 Mei 2023.

Conten Creator and Social Media Specialist, Vichela Regina Aprillia mengatakan bahwa di dunia maya, kita dapat meningkatkan koneksi kita dengan membuat sebuah komunitas online yang diawali dengan menentukan, dan membangun niche atau target pasar untuk konten. 

Kemudian dilanjutkan dengan aktif dalam membuat konten dan membangun interaksi ke sesama pengguna sosial media. 

Setelah itu, kita dapat membuat sebuah komunitas dengan anggota yang dari berbagai macam background pendidikan maupun umur.

Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara, Ismawan Setya Handoko menambahkan, berbagai cara membentuk komunitas di sosial media.

Seperti dengan melakukan pendekatan-pendekatan kepada sejumlah orang, yang memiliki satu tujuan, berbisnis atau satu hobi.

“Sering membangun komunikasi dengan mereka, pasti langsung kebentuk komunitas itu sendiri,” beber dia.

Setelah terbentuk, hal yang harus diperhatikan juga adalah mendengarkan keinginan para member komunitas, fokus dalam memecahkan permasalahan, menyajikan konten yang menarik dan otentik, memudahkan tiap anggota untuk saling berinteraksi, menerapkan keamanan digital, saling menghargai nilai-nilai keberagaman, serta membuat konten inklusif. 

Strategi media sosial adalah rangkuman dari berbagai rencana yang akan dilakukan dan goal yang ingin dicapai di media sosial. 

“Upaya ini akan memandu bisnis mengembangkan basis audiens melalui konten dan interaksi di berbagai platform yang digunakan,” kata dia.

Sementara Wakil Anggota Komisi I DPR, Utut Adianto berharap, semua masyarakat dapat membuat komunitas yang bermanfaat untuk pribadi, maupun masyarakat umum. 

Komunitas dapat terbangun dari masyarakat yang memiliki hobi, cita-cita, dan kebiasaan yang sama. 

Sekarang ini, membangun komunitas bisa dilakukan melalui media sosial, dan tantangan dalam membangunnya pun lebih sulit. 

“Terciptanya guyub dan rukun sangat penting untuk kita bangun supaya tidak terjadi perpecahan di negara Indonesia,” tandasnya. (ran)

Editor: Rany