25 radar bogor

Dua Rumah di Mulyaharja Mendadak Ambruk, Ini Penyebabnya

Mulyaharja

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua unit rumah warga di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor mendadak ambruk pada Selasa (9/5/2023).

Baca Juga : Hujan Deras Bikin Banjir dan Atap Rumah Ambruk

Akibat kejadian ini, tiga keluarga yang menghuni di dua rumah ambruk di Mulyaharja itu harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Pertama, kejadian rumah ambruk terjadi di Kampung Warung Limus, RT 002/009, Kelurahan Mulyaharja sekitar pukul 05:00 WIB.

Di mana, rumah milik warga bernama Hasan yang dihuni tiga jiwa itu mengalami ambruk pada bagian bangunan teras, ruangan tengah dan dapur rumah.

Sementara, bagian dinding dan atap bangunan kamar tidur juga saat ini hampir ambruk, sehingga saat ini rumah tidak bisa dihuni dikarenakan sangat riskan jika ditempati oleh pihak terdampak.

“Penyebab bangunan ambruk terjadi akibat kondisi dinding dan atap bangunan rumah yang sudah rapuh dan lapuk,” kata Kepala BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas.

Kemudian, untuk kejadian rumah ambruk kedua terjadi di Kampung Cibeureum, RT 005/003, Kelurahan Mulyaharja sekitar pukul 16:00 WIB.

Di mana, rumah milik warga bernama Aji yang dihuni dua keluarga dengan total enam jiwa itu mengalami ambruk pada bagian bangunan dua kamar tidur, ruangan tengah, kamar mandi dan dapur rumah.

Sehingga, saat ini rumah tidak bisa dihuni dikarenakan sangat riskan jika ditempati oleh pihak terdampak.

“Untuk kejadian kedua ini, penyebab bangunan ambruk terjadi akibat kondisi dinding bangunan rumah yang sudah rapuh serta tidak memakai besi sloof,” ungkap pria yang akrab disapa Theo.

Baca Juga : Pendaftaran Mojang Jajaka Kota Bogor Diperpanjang, Catat Jadwalnya!

Meski begitu, diyakini Theo, tidak ada korban jiwa dalam kejadian rumah ambruk di Mulyaharja ini. Namun, keluarga terdampak membutuhkan bantuan berupa Bantuan Sosial Tidak Terencana (BSTT) dan Hunian Sementara (Huntara).

“Pihak terdampak saat ini mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga terdekat,” ujar Kepala BPBD Kota Bogor. (ded)

Reporter : Dede Faturachman
Editor : Yosep