25 radar bogor

Batal Bulan Ini, Revitalisasi Lapangan Sempur Diundur

Jogging track di Lapangan Sempur banyak yang sudah retak. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat Kota Bogor masih dapat berolahraga di Lapangan Sempur hingga 2,5 bulan ke depan. Lapangan yang kini jadi alternatif tempat olahraga pasca dibongkarnya Jembatan Otista tidak jadi ditutup pada Mei 2023.

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Devi Librianti menyatakan bahwa revitalisasi Lapangan Sempur diundur dan baru akan dimulai pada 18 Agustus 2023.

Baca Juga: Mei, Revitalisasi Joging Trek Taman Sempur Dimulai, Garansi Lebih Awet

“Kami pastikan diundur karena tidak cukupnya waktu pengerjaan. Karena sebelumnya proyek ini ditargetkan selsai pada 17 Agustus 2023,” ucapnya kepada Radar Bogor, Rabu (10/5).

Devi khawatir jika dipaksakan proyek ini tidak selesai dengan optimal. Sebab menurutnya masa pengerjaan revitalisasi karet dan beton lapangan ini idealnya berlangsung selama 3 bulan.

Meski tengah ramai dipakai masyarakat sebagai pengganti jalur pedesterian sekitaran Kebun Raya Bogor, revitalisasi Lapangan Sempur tetap akan dilakukan karena umur karet lapangan yang sudah lewat batas.

“Umur rubber (karet) harusnya 5 tahun, sementara sekarang sudah jalan tahun ke-6 jadi harus segera diganti. Kondisinya sekarang sudah banyak yang copot dan berkurang estetikanya,” jelas Devi.

Selain penggantian karet revitalisasi Lapangan Sempur juga akan merombak landasan aspal. Landasan itu akan diganti dengan beton karena dinilai lebih tahan lama dan tahan air.

Baca Juga: Baliho Bacaleg PAN di Lapangan Sempur, Panwascam Bilang Begini

“Kami juga akan memperbaiki kemiringannya agar saat hujan air langsung turun ke drainase,” imbuh dia.

Proyek revitalisasi akan mulai dilelangkan pada awal bulan Juli 2023. Perbaikan ini akan menghabiskan anggaran sebesar Rp2,4 miliar.

Selama perbaikan berlangsung trek jogging Lapangan Sempur akan ditutup sementara waktu hingga November 2023. Devi mengimbau masyarakat untuk mencari lapangan lain seperti Alun-alun Kota Bogor, Lapangan Kresna di Kecamatan Bogor Utara, atau Taman Heulang di Kecamatan Tanah Sareal. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto