25 radar bogor

SSA Jadi Dua Arah, Rute Trayek Angkot Bakal Ikut Berubah Lagi

angkota ngetem di Alun-Alun Kota Bogor
Angkot ramai ngetem di sekitar Alun-Alun Kota Bogor menyebabkan kemacetan. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sistem Satu Arah (SSA) yang mengitari Kebun Raya Bogor bakal dihapuskan sementara waktu, dimulai pukul 21.00 WIB, Selasa (9/5). Perubahan itu tentu akan berdampak terhadap rute trayek angkutan kota (angkot) di Kota Bogor.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor pun tak menampik, sedang membuka peluang untuk mengubah rute trayek angkot itu. Lantaran transportasi tersebut terdampak rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan.

Baca Juga: SSA Resmi Dihapus, Ini Pertimbangan Forkopimda Kota Bogor

Perubahan rekayasa lalu lintas itu sendiri dilakukan berdasarkan hasil keputusan dari rapat evaluasi yang dilaksanakan jajaran Forkopimda Kota Bogor pada Senin (8/5) lalu.

“Jadi, hari ini akan dipadatkan dengan Organda dan teman-teman lainnya di jajaran transportasi dan badan hukum,” tutur Kepala Dishub Kota Bogor, Eko Prabowo.

Ia menambahkan, koordinasi yang dilakukan agar para pengemudi angkot dapat memahami, mana yang lewat Jalan Juanda maupun lewat Plaza Ekalokasari.

“Kesepakatan bersama titik arahnya, pakai berita acara,” ucap dia.

Namun demikian, tambah Eko, perubahan rute trayek angkot ini tidak berlaku bagi semua angkot yang ada di Kota Bogor.

Baca Juga: Tok! SSA Kembali Dua Arah, Bakal Ditambah Lampu Merah

Rute berubah hanya untuk angkot terdampak dari penerapan rekayasa lalulintas imbas penutupan Jembatan Otista Kota Bogor.

“Keputusannya kan ini (berlaku untuk) 8 trayek bersinggungan,” pungkas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto