25 radar bogor

SSA Dihapus, Begini Rute Menuju Stasiun Bogor dari Jalan Pajajaran

Kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di Jalan Pajajaran, Kota Bogor imbas penutupan Jalan Otista, Senin (8/5). (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemberlakuan skema rekayasa lalu lintas baru dengan dihapuskannya Sistem Satu Arah (SSA) di sekitaran lingkar Kebun Raya Bogor membuat akses warga ke Stasiun Bogor kian mudah.

Baca Juga: SSA Jadi Dua Arah, Rute Trayek Angkot Bakal Ikut Berubah Lagi

Terutama bagi pengendara yang datang dari ruas Jalan Pajajaran. Kendaraan dari Jalan Pajajaran baik dari arah Tugu Kujang maupun Jambu Dua dapat langsung berbelok ke Jalan Jalak Harupat dan lurus terus hingga ke Jalan Juanda.

Tepat di simpang SMAN 1 Kota Bogor, pengendara dapat berbelok ke kanan menuju Jalan Jalak Harupat. Selanjutnya pengendara bisa berbelok ke kanan menuju Jalan Perintis Kemerdekaan lalu belok kiri ke Jalan Dr Sumeru.

Setelah itu lurus sedikit dan belok kanan ke Jalan Mawar. Selanjutnya belok ke Jalan Merdeka, lalu belok ke kiri ke Jalan MA Salmun. Terakhir pengendara belok ke kanan ke Jalan Mayor Oking.

Rute ini mulai diberlakukan pada Selasa (9/5) pukul 21.00 WIB. Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, pihaknya mencoba mendengar masukan masyarakat untuk mengevaluasi rekayasa lalu lintas yang sebelumnya sudah diterapkan.

Baca Juga: SSA Resmi Dihapus, Ini Pertimbangan Forkopimda Kota Bogor

“Pada intinya, skenario dua arah akan banyak menekankan perputaran menekuk ke kiri. Namun, konsep ini pun akan terus kita analisa di lapangan terkait pelaksanaannya,” tuturnya.

Bima menekankan pertimbangan untuk menyingkat waktu tempuh, mengurangi dampak ekonomi, dan untuk menggerakkan kembali roda perekonomian.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto