25 radar bogor

PPDB SD dan SMP Dimulai Juni 2023, Berikut Pembagian Kuotanya

Ilustrasi PPDB SMP di Kota Bogor
Pendaftaran siswa baru di Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB jenjang SD dan SMP mulai berlangsung Juni 2023. Persentase pembagian kuota tiap jalur PPDB pun mulai disosialisasikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor.

Baca Juga : Catat! Jadwal PPDB TK, SD, dan SMP di Kota Bogor 2023

Kepala Disdik Kota Bogor, Sudjatmiko Baliarto menjelaskan untuk jenjang SD terdapat 3 jalur pendaftaran PPDB. Di antaranya jalur afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), jalur perpindahan tugas orang tua, maslahat guru dan tenaga pendidikan, serta jalur zonasi.

Pendaftar dari jalur afirmasi dan ABK akan mendapat kuota sebanyak 15 persen. Kemudian pendaftar jalur perpindahan tugas orang tua, maslahat guru dan tenaga pendidikan mendapat kuota 5 persen. Pelaksanaan pendaftaran di kedua jalur ini berlangsung pada 5-6 Juni 2023.

Sementara pendaftar jalur zonasi mendapat kuota paling banyak yakni 80 persen. Persentase tersebut kembali dibagi menjadi 90 persen untuk warga yang berdomisili di Kota Bogor, dan 10 persen untuk warga yang berdomisili di luar Kota Bogor. Pendaftaran di jalur zonasi akan dimulai pada tanggal 13-15 Juni 2023.

“Untuk jenjang SMP akan terbagi menjadi 4 jalur pendaftaran. Di antaranya jalur afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), jalur perpindahan tugas orang tua, maslahat guru dan tenaga pendidikan, jalur prestasi akademik atau non akademik, dan prestasi nilai rapor, serta jalur zonasi,” tutur Miko.

Pendaftar dari jalur afirmasi dan ABK akan mendapat kuota sebanyak 20 persen. Kemudian pendaftar jalur perpindahan tugas orang tua, maslahat guru dan tenaga pendidikan mendapat kuota 5 persen. Sementara jalur prestasi akademik atau non akademik, dan prestasi nilai rapor mendapat kuota 20 persen.

“Khusus untuk jalur prestasi, jatah kuota 20 persen akan kembali dibagi dengan persentase 90 persen untuk warga Kota Bogor dan 10 persen untuk warga luar Kota Bogor,” imbuh Miko.

Ketiga jalur ini termasuk pada pelaksanaan tahap pertama pendaftaran PPDB SMP akan dilaksanakan pada tanggal 19-22 Juni 2023.

Baca Juga : PPDB Semakin Dekat, Disdik Bakal Terbitkan Juknisnya Pekan Depan

Sementara, pendaftar jalur zonasi mendapat kuota 55 persen. Pendaftar yang beromisili di Kota Bogor akan mendapat jatah 90 persen dari jumlah kuota zonasi. Angka itu akan lagi menjadi 4 pembagian, zona 1 sampai zona 4.

Sedangkan pendaftar yang berdomisili di luar Kota Bogor hanya mendapat kuota 10 persen dari jumlah kuota zonasi. Kuota tersebut akan terbagi 3 bagian, zona 5 sampai zona 7. Pendaftaran di jalur zonasi akan dimulai pada tanggal 13-15 Juni 2023. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep