25 radar bogor

Pemkab Bogor Akomodir Keinginan Serikat Pekerja Sinergi dengan Forkopimda

Serikat Pekerja
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Forkopimda, juga Sekda, melakukan pertemuan dengan para serikat pekerja atau buruh Kabupaten Bogor, dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan May Day.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), juga Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, melakukan pertemuan dengan para serikat pekerja atau buruh Kabupaten Bogor, dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan May Day.

Baca Juga : STQH XVIII Jabar Resmi Dibuka, Kabupaten Bogor Optimis Juara Umum

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat VIII Setda Kabupaten Bogor, Senin (8/5/23) itu, dibahas juga beberapa usulan yang disampaikan oleh para serikat pekerja Kabupaten Bogor,

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin, Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor Zaenal Ashari.

Perlu diketahui bahwa, kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan May Day. Ada empat tuntutan yang disampaikan para serikat pekerja Kabupaten Bogor. Pertama, meminta dicabutnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja. Kedua memolak Permenaker Nomor 5 tahun 2023 tentang Penyesuaian Pengupahan pada Perusahaan Industri Padat Karya.

Kemudian yang ketiga, melaksanakan notulen Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit Kabupaten Bogor. Keempat yakni lebih sinergi atau pererat pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

Berkaitan dengan LKS ada tiga poin yakni, pertama kaitan dengan perizinan di perusahaan yang terhambat, kedua terkait dengan pengupahan dan ketiga kaitan dengan rekrutmen pada pekerja khususnya di perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, apresiasi perjuangan dan upaya para serikat pekerja selama ini, mudah-mudahan pergerakan dari seluruh elemen dunia serikat pekerja ini bisa mendapatkan hasil yang diharapkan.

“Apa yang memang ingin diusulkan aspirasi dari teman-teman ini kami siap memfasilitasi, baik itu ke Provinsi ataupun ke Pemerintah Pusat. Pada prinsipnya, kami di Forkopimda ini ya tugasnya adalah melayani, siapapun mau kelompok apapun, golongan, suku dan agama, ras dan sebagainya wajib kita layani. Sebagai pelayan atau abdi masyarakat tidak boleh memilih-milih,” ujar Plt. Bupati Bogor.

Di tempat yang sama, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin menuturkan, prinsipnya Polres Bogor senantiasa mendukung apapun itu yang sifatnya untuk kemajuan. Baik itu kemajuan investasi di Kabupaten Bogor ataupun kemajuan kesejahteraan pekerja di Kabupaten Bogor.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan serikat pekejera yang melaksanakan kegiatan aksi berjalan dengan baik dan lancar.

“Ini juga perlu kita apresiasi teman-teman sekalian, tentunya melalui forum ini menjadi satu wadah untuk kita, guna mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh teman pekerja yang ada di Kabupaten Bogor. Karena mereka adalah bagian dari masyarakat Kabupaten Bogor yang harus diperhatikan baik itu kesehatannya, kenyamanannya, keselamatan, maupun kesejahteraannya,” terang Kapolres.

Selanjutnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor Zaenal Ashari menerangkan, bahwa selain empat usulan tersebut para rekan serikat pekerja juga mengusulkan berkaitan dengan lebih dirapatkan lagi kegiatan bersama Forkopimda Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah dari semua yang disampaikan sudah diakomodir oleh pimpinan kita, oleh Plt. Bupati Bogor adapun bentuk solusinya bahwa rencananya 17 Mei 2023 mendatang, kita akan melaksanakan silaturahmi, apalagi sekarang masih bulan Syawal sekaligus halal bihalal,” jelas Zaenal.

Baca Juga : Pemkab dan Polres Luncurkan Polisi RW, Komitmen Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Kemudian, Koordinator Aliansi Pekerja Buruh Bogor, DK Arif Kusnadi mengungkapkan bahwa, terkait kegiatan aksi tersebut, beberapa tuntutan yang disampaikan masih dalam momentum peringatan May Day. Pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten Bogor dapat mengabulkan apa yang menjadi tuntutan para rekan serikat pekerja.

“Syukur Alhamdulillah sih, kalau untuk aksi kegiatan kita diterima langsung oleh Plt. Bupati Bogor, pak kapolres, pak dandim, juga pak sekda, pak kadis dan jajaran. Apa yang menjadi tuntutan kita sudah dikabulkan,” pungkasnya. (adv)

Editor : Yosep