25 radar bogor

Jembatan Otista Dibongkar, Bongkaran Besi Dikemanakan?

Polemik jembatan otista cagar budaya
Jembatan Otista Kota Bogor mulai dibongkar total untuk proyek pembangunan. Saat ini proyek itu tengah jadi polemik karena diduga cagar budaya. (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Proyek penggantian Jembatan Otista memaksa jembatan yang sudah berumur lebih dari 100 tahun itu dibongkar. Proses pembongkaran dimulai secara bertahap dari bagian aspal pada Jumat (5/5) lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, menuturkan, setelah pengerukan aspal selesai pembongkaran dilanjutkan pada bagian plat-plat besi.

Baca Juga: Jembatan Otista Pernah Alami Perubahan Stuktur, Awal Dibangun 1920

Rena mengungkapkan, besi-besi pada rangka Jembatan Otista itu selanjutnya akan dilelangkan.

“Pembongkaran plat sudah kita lakukan. Plat itu mau kami ambil sampelnya dan akan hitung oleh bagian aset lalu dilelangkan” ujarnya,Senin (5/6).

Selain membongkar bagian aspal dan besi pihaknya juga tengah merelokasi utilitas yang ada di sekitar jembatan di antaranya milik PLN, PDAM, dan kabel-kabel optik.

“Kami juga melakukan pengeboran sampel tanah, kemarin baru satu titik. Akam dilanjut karena targetnya di empat penjuru. Selain itu kami juga menebang pohon yang berada tepat di struktur jembatan,” tuturnya.

Baca Juga: Dibongkar Total, Ini Alasan Jembatan Otista Bukan Diperlebar Kiri-Kanan

Hingga kemarin, Rena mengatakan progres proyek ini terus mengalami deviasi positif. Dirinya berjanji akan terus memaksimalkannya tanpa ada deviasi negatif. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto