25 radar bogor

Aktif dan Peduli Lingkungan, SMAN 1 Nanggung Kantongi Adiwiyata Jabar

Kepala SMAN 1 Nanggung meraih R.D Nia Elisa Yulianti bersama para murid yang berprestasi. (Radar Bogor/Jaenal Abidin)

NANGGUNG-RADAR BOGOR, SMAN 1 Nanggung meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar). Raihan itu sekolah tersebut setelah aktif dan peduli terhadap lingkungan.

Tak tanggung-tanggung, SMAN 1 Nanggung sempat ditunjuk menjadi tuan rumah Go Green7.

“Program Adiwiyata ini diikuti sebagai bentuk implementasi dari visi dan misi sekolah untuk menjaga lingkungan,” ungkap Kepala SMAN 1 Nanggung R.D Nia Elisa Yulianti.

Baca Juga: Warga Sulit Mengakses Sekolah Negeri, Lurah Diminta Kawal Persoalan PPDB

Ia mengakui, isu pemanasan global dan efek rumah kaca semakin meningkat. Adanya program Adiwiyata yang diikuti sekolah bisa berkontribusi untuk alam sekitar bahkan dunia.

Selain itu, ia menekankan sekolahnya juga menjadi anggota pada kegiatan Satuan Pendidikan Peduli lingkungan (Sapulidi) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, yang berfokus pada normalisasi DAS Citarum dan kebersihan lingkungan.

“Smansan beberapa kali mengikuti aksi peduli lingkungan yang ada di Jawa Barat. Salah satunya adalah kegiatan edukasi kebersihan lingkungan Masjid Al Jabar Bandung,” kata Elisa.

Selain itu, sekolahnya juga telah mendapatkan sejumlah prestasi di tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Salah satu pelajar SMAN 1 Nanggung, Herlina Widiana sempat meraih medali perak pada perlombaaan Senior High School Olympiad (SHSO).

Baca Juga: Pengumuman! Jam Masuk Sekolah Pukul 08.00 WIB Diperpanjang Hingga 16 Mei

Tak hanya itu, prestasi lainnya juga diraup pada berbagai gelaran olahraga pencak silat tingkat nasional. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto