25 radar bogor

6 Bulan Beroperasi, Perpustakaan Kota Bogor Dikunjungi 500 Orang Per Hari

Perpustakaan Kota Bogor
Perpustakaan Kota Bogor dikunjungi 500 orang per hari. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kehadiran Perpustakaan Kota Bogor tampaknya jadi air segar bagi dahaga akan literasi dan kebutuhan fasilitas publik masyarakat.

Baca Juga : Ayo Berkunjung! Perpustakaan Kota Bogor Siapkan Pameran Setahun Nonstop

Karena kini, mahasiswa dan pelajar Kota Bogor tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mendapat fasilitas tempat belajar dan membaca serta mengerjakan tugas yang nyaman, keren, dan gratis.

Perpustakaan Kota Bogor memiliki banyak ruang baca yang bisa jadi pilihan. Selain 2 ruang baca dewasa yang terletak di lantai 2, perpustakaan ini juga punya ruang baca anak dan ruang disabilitas di lantai 1. Perpustakaan ini juga dilengkapi literatur langka yang disimpan di ruang referensi.

Gedung ini juga tak sekadar berisi puluhan ribu buku saja, melainkan juga menyediakan fasilitas pendukung yang amat cocok bagi mahasiswa dan pelajar.

Terdapat ruang multimedia yang berisi komputer yang dapat digunakan bagi pengunjung yang tidak membawa laptop sendiri. Perpustakaan juga dilengkapi lounge yang bisa digunakan pengunjung untuk kerja kelompok.

Desain interiornya yang estetik juga sangat memanjakan para pengunjung yang hobi mengabadikan momen atau membuat konten media sosial. Suasana yang tenang betul-betul membuat nyaman berlama-lama di Perpustakaan Kota Bogor.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor, Rudiyana mengatakan, sejak beroperasi pada 17 Desember 2022 lalu Perpustakaan Kota Bogor sudah dikunjungi sebanyak 38 ribu kali oleh non anggota dan hampir 17 ribu kali anggota. Atau rata-rata 500 orang pengunjung per harinya.

“Jumlah ini 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan kunjungan ke gedung perpustakaan lama yang hanya 50 orang sehari. Kami juga mencatat saat ini Perpustakaan Kota Bogor sudah memiliki 9091 anggota. Naik 45 persen dari keanggotaan sebelumnya,” beber Rudiyana, Senin (9/5/2023).

Menjadi anggota di Perpustakaan Kota Bogor memang sangat menguntungkan. Selain dapat meminjam buku di perpustakaan ini, anggota juga otomatis menjadi anggota di Perpustakaan Nasional, Jakarta. Sehingga tak perlu lagi repot-repot antre membuat kartu anggota di sana.

Sejak 4 Februari 2023 lalu, Perpustakaan Kota Bogor resmi membuka operasional di akhir pekan. Sehingga masyarakat bisa semakin mudah mengakses kebutuhan literasinya setiap hari. “Ternyata upaya ini banyak membuat pengunjung-pengunjung dari kalangan keluarga datang untuk mengajak anaknya berwisata sembari belajar,” ucapnya.

Baca Juga : Komisi X DPR RI : Perpustakaan Kota Bogor Bisa Jadi Prototipe

Hal ini menunjukkan upaya Pemerintah Kota Bogor mengembalikan gairah literasi dan perhatian masyarakat. Keberhasilan Perpustakaan Kota Bogor menjadi jawaban salah satu janji kampanye Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Tak ketinggalan, masyarakat juga dapat mendapatkan wawasan soal perkembangan Kota Bogor dari masa ke masa lewat informasi visual yang terdapat di galeri Kota Bogor di lantai 3 perpustakaan. Rudiyana menyebut, pihaknya akan terus mengembangkan galeri ini sehingga lebih menarik. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep