25 radar bogor

STQH XVIII Jabar Resmi Dibuka, Kabupaten Bogor Optimis Juara Umum

Kabupaten Bogor
Pembukaan STQH XVIII tahun 2023 tingkat Jabar berlangsung Minggu (7/5/2023), di Plaza Pusdai Jawa Barat, Kota Bandung oleh Wagub Uu Ruzhanul Ulum. Kabupaten Bogor optimis meraih juara umum.

BANDUNG-RADAR BOGOR, Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) ke XVIII tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2023, resmi dibuka. Kabupaten Bogor pun optimis menjadi juara umum.

Baca Juga : Ketua DPRD Dorong Festival Seni Kuluwung Masuk Kalender Pariwisata Kabupaten Bogor

Pembukaan STQH XVIII tahun 2023 tingkat Jabar berlangsung Minggu (7/5/2023), di Plaza Pusdai Jawa Barat, Kota Bandung. STQH XVIII berlangsung selama tujuh hari hingga Sabtu 13 Mei 2023.

Kabupaten Bogor mengirimkan sebanyak 16 orang peserta yang akan berkompetisi pada STQH XVIII. Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Hadir mewakili Pemkab Bogor pada pembukaan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bogor, Hadijana beserta jajaran pengurus LPTQ lainnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, Jawa Barat tidak pernah kekurangan peserta pada kegiatan STQH. Ia atas nama Pemerintah Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada bupati dan walikota yang sudah melaksanakan seleksi di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten, sehingga akhirnya bisa mengikuti STQH di tingkat Jabar.

“STQH adalah salah satu cara kita melakukan syiar Islam. Dengan kegiatan ini, nuansa keislaman bisa terlihat. Tidak hanya itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT,” ujar Uu.

Uu menambahkan, kegiatan ini juga sebagai latihan dan evaluasi para kyai dan pembina, sejauh mana dapat membimbing para santrinya dengan baik. Termasuk melatih mental bertanding para peserta saat tampil di depan.

“Artinya kegiatan ini memiliki manfaat yang multi dimensi, Insya Allah dapat mendatangkan keberkahan,” tandas Uu Ruzhanul Ulum.

Ketua 1 LPTQ Kabupaten Bogor, Jalaludin Al Mahali menjelaskan, tentunya Kabupaten Bogor berharap bisa menjadi juara umum pada STQH XVIII tingkat Jawa Barat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang telah mendukung kami untuk mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Baca Juga : Tahun Depan, Kabupaten Bogor Butuh 2.909 Tenaga Pendidik

Jalaludin berharap, semoga para peserta memiliki mental berkompetisi yang baik dan dapat secara maksimal mempersembahkan yang terbaik untuk Kabupaten Bogor.

Sementara itu, STQH XVIII Jabar tahun 2023 diikuti 460 peserta perwakilan kota dan kabupaten se-Jawa Barat. Pemenang pada STQH ini akan mewakili Provinsi Jawa Barat di tingkat nasional. (Diskominfo)

Editor : Yosep