25 radar bogor

SMANTIC Latih Etika Anak Tiap Pagi, Begini Caranya…

RUTINITAS: Para pelajar SMAN 3 Cibinong menyalami setiap guru dan tenaga pendidik yang menyambut mereka tiap pagi di depan sekolah. IST
RUTINITAS: Para pelajar SMAN 3 Cibinong menyalami setiap guru dan tenaga pendidik yang menyambut mereka tiap pagi di depan sekolah. IST

CIBINONG-RADAR BOGOR, SMAN 3 Cibinong (SMANTIC) punya cara sendiri melatih etika anak didiknya, agar menghormati orang tua, termasuk para gurunya di sekolah.

Virus corona yang melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia, memaksa semua sekolah menghentikan aktifitas belajar mengajar secara bertatap muka, hingga kurang lebih dua tahun lamanya.

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online, berimbas pada etika sebagian pelajar kurang baik. Hal itu banyak disadari orang tua, maupun para tenaga pendidik.

Hal itu pun menjadi perhatian SMAN 3 Cibinong. Sehingga, sekolah dengan julukan SMANTIC itu membuat sebuah gebrakan.

Wakil Kepala SMANTIC bidang kesiswaan, Iwan Kuswandi mengatakan, gebrakan yang dilakukan di sekolah, adalah membiasakan guru dan tenaga pendidik menyambut anak di depan gerbang sekolah.

“Mereka diharuskan menyapa dan salim ke guru yang menyambut mereka,” kata dia kepada Radar Bogor, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ditantang Nadiem Makarim, SMAN 3 Cibinong Kumpulkan 700 Konten Hardiknas 2023

Iwan mengatakan, kegiatan ini dilakukan rutin tiap pagi. Agar anak-anak kembali terbiasa salim, dalam maksud menghormati guru, sebagai orang tua mereka di sekolah.

Sebab Iwan mengakui, perubahan perilaku anak-anak semenjak pandemi sangat terlihat jelas. Banyak dari mereka yang lupa untuk melakukan hal sederhana seperti salam, ke guru yang lewat atau berpapasan dengan mereka.

“Makanya dengan kegiatan rutin ini, kami ingin mengembalikan etika itu lagi, agar mereka punya sikap menghormati pada orang,” tandas Iwan. (ran)

Editor: Rany