25 radar bogor

Fakultas Kedokteran IPB University Tunggu ‘Gong’ dari LAM-PTKes, Siap Buka di Jalur Mandiri

IPB University
IPB University

BOGOR-RADAR BOGOR, Jalan IPB University membuka Fakultas Kedokteran nampaknya tinggal beberapa langkah lagi.

Kalau tidak ada rintangan, IPB University hanya tinggal menunggu akreditas minimal, yang dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes), sebelum mereka membuka pendaftaran calon mahasiswa fakultas barunya.

Pejabat sementara (Pjs) Dekan Fakultas Kedokteran IPB University, Prof Dr Srihandi Agungpriyono mengungkapkan progresnya.

“Jadi akreditasi itu menjadi ‘gong’-nya. Berbagai persiapannya sudah dilakukan,” beber dia kepada Radar Bogor, kemarin.

Biasanya setelah itu, kata Hadi, pihak LAM-PTKes akan melakukan visitasi ke kampus, untuk memvalidasi berbagai dokumen persyaratan yang sudah diajukan IPB University. Seperti melihat kesiapan dosennya, sarana hingga prasarana yang sudah ada di kampus.

Setelah visiting selesai dan dinyatakan lulus, atau keluar akreditasinya, IPB Universiy pun akan langsung membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk fakultas tersebut.

Baca juga: Gelar Semnas, IPB University Rumuskan Solusi 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan

Bagi para pelajar yang berminat untuk mendaftar di Fakultas Kedokteran IPB University angkatan pertama itu, Hadi menyebut bahwa tahun ini, pendaftarannya hanya tersedia melalui jalur mandiri.

Sebab, jalur pendaftaran mahasiswa baru melalui nilai rapor dan ujian sudah dan sedang berlangsung.

“Jadi memang kalau di IPB tinggal pendaftaran jalur mandiri,” beber Hadi.

Maka dari itu, dia berharap, proses akreditas bisa selesai hingga bulan ini. Sehingga Fakultas Kedokteran ini, bisa ikut dibuka pada jalur mandiri IPB University, yang mulai dibuka akhir bulan hingga akhir Juni mendatang.

“Target kami memang tahun ini, besok diperkirakan keluar akreditasinya, jadi ya mudah-mudahan prosesnya cepat,” tandas Hadi. (ran)

Editor: Rany