25 radar bogor

Faktanya, Lestarikan Nilai Pancasila di Sosmed Itu Penting…

Ilustrasi media sosial
Ilustrasi media sosial

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebagai generasi penerus bangsa, para kawula muda Indonesia memiliki peran penting dalam melestarikan nilai Pancasila. Mereka berperan penting dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila di eras serba digital seperti saat ini.

“Dengan mengambil nilai-nilai Pancasila ini sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, anak muda Indonesia dapat menjadi generasi yang memiliki integritas, rasa nasionalisme, toleransi, dan tanggung jawab sosial yang tinggi,” ujar Pasar Komunikasi, Jokhanan Kristiyono dalam webinar dengan tema ‘Kreatif Lestarikan Nilai Pancasila di Ruang Digital’ pada Senin 8 Mei 2023.

Sementara itu Presenter Jatim Bangkit JTV, Meinara Iman Dwihartanto mengatakan, walau perubahan teknologi sangat cepat, kita perlu menanamkan nilai Pancasila di era tantangan teknologi.

Oleh karena itu kita perlu menyikapinya dengan melakukan beberapa hal positif seperti bangun kesadaran etika bermedia sosial, buat konten yang baik, meningkatkan partisipasi publik, jalin kolaborasi berkarya dan berkreasi.

“Dengan menguasai nilai Pancasila dalam perubahan teknologi, sebagai generasi bangs akita dapat membuat konten edukatif, membuat komunitas digital atau bahkan melibatkan sosok teladan baik dan kreatif,” ujar Meinara.

Selanjutnya Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat ini semakin mempertegaskan era disrupsi teknologi.

Kementrian Kominfo bersama gerakan nasional literasi digital serta jejaringnya juga hadir untuk memberikan perhatian informasi digital yang menjadi kemampuan digital di tingkat dasar bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang baik masyarakat dengan pemerintah agar masyarakat tidak tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital,” tutup Semuel. (ran)

Editor: Rany