25 radar bogor

Ayo Berkunjung! Perpustakaan Kota Bogor Siapkan Pameran Setahun Nonstop

Pengunjung melihat-lihat lukisan yang dipamerkan di Perpustakaan Kota Bogor, Senin (8/5). (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinding Perpustakaan Kota Bogor bakal jadi arena pameran para seniman. Tak tanggung-tanggung, pameran bakal berlangsung selama 1 tahun dengan tema yang berbeda di setiap bulannya.

Perpustakaan Kota Bogor kini punya wajah baru. Dinding-dinding yang semula polos bercat putih kini dihias puluhan karya seni. Ada lukisan, hingga sketsa. Semua hasil cipta apik seniman-seniman Bogor yang datang dari berbagai komunitas.

Baca Juga: Sulap Motor Sampah jadi Perpustakaan Keliling, Begini Penampakannya

Indah dan uniknya karya itu pun jadi pusat perhatian baru bagi para pengunjung perpustakaan. Mata-mata mengamati centi demi centi goresan lukisan dan sketsa itu. Beberapa di antaranya bahkan berpose dan berswafoto dengan karya tersebut.

Karya-karya itu dipertunjukkan dalam pameran yang akan berlangsung selama setahun ke depan.

Ini merupakan hasil kerja sama antara Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) dengan para seniman Kota Bogor. Setiap bulan, karya-karya yang dipajang akan diganti menyesuaikan dengan tema yang ditentukan.

Bulan ini, pengunjung perpustakaan disuguhkan dengan lukisan dan sketsa bernuansa Kota Bogor. Seperti pesona Kebun Raya dengan rusanya, keindahan batik dan kain perca, hingga transportasi khas Bogor yakni angkot.

Ersta Andantino, kurator pameran ini, bersyukur dengan wadah yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bogor. Karena kini mereka bisa dengan mudah dan bebas memamerkan karyanya lebih dekat dengan masyarakat.

“Pameran ini melibatkan banyak komunitas seni di antaranya, Bogor Sketchers, Perupa Perempuan Bogor, Ikatan Pelukis Indonesia (IPI) Bogor, dan Rumah Kreatif Dara. Lewat pameran ini kami bisa mendapat banyak hal. Bukan cuma pameran, kami juga bisa berjualan hasil karya,” tuturnya.

Beberapa lukisan dan sketsa pada pameran ini memang bukan hanya bisa dinikmati tapi juga dimiliki. Karya yang dijual ditandai dengan label yang tertempel di sampingnya. Mereka dibanderol dengan harga mulai dari Rp1-15 juta.

Baca Juga: Datang ke Kota Bogor, DPR RI Timba Ilmu Kelola Perpustakaan

“Bulan-bulan selanjutnya kami bukan hanya akan memamerkan lukisan saja melainkan juga patung. Pameran juga akan diisi dengan seminar yang dihadiri sejumlah seniman asal sehingga para pelajar atau pengunjung bisa mengobrol dan mendapatkan pengetahuan serta sejarah seni rupa di Kota Bogor,” ungkap Ersta.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bogor, Rudiyana berharap, pameran dapat menginspirasi generasi muda untuk semangat berkarya. Menurutnya, karya-karya epik itu dapat menjadi referensi bagi para seniman muda yang baru mulai berkarya.

“Lukisan dan sketsa ini menambah estetika perpustakaan. Semoga karya yang dipamerkan bisa membuat mereka nyaman dan bisa menambah wawasan para pelajar yang tertarik di bidang seni,” ucapnya.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto