25 radar bogor

Terampil di Sosial Media Hasilkan Cuan, Begini Tipsnya…

Generasi muda bisa dorong kembangkan UMKM melalui sosial media atau e-commerce.
Generasi muda bisa dorong kembangkan UMKM melalui sosial media atau e-commerce.

BOGOR-RADAR BOGOR, Keberadaan sosial media, tentu menguntungkan bagi sebagian orang yang terampil memanfaatkannya. Utamanya bisa menghasilkan pendapatan jika kita mengetahui literasi keuangan digital.

Membahas mengenai itu, Kementerian Kominfo bersama DPR RI, kembali mengadakan webinar dengan tema ‘Produktif di Era Digital’, yang diselenggarakan pada Minggu, 7 Mei 2023.

Anggota Komisi I DPR, Junico B.P. Siahaan mengatakan, produktivitas di era digital adalah kunci untuk sukses dengan diimbangi oleh kemampuan untuk dapat mengelola informasi, dan mengembangkan inovasi teknologi didalamnya.

Beberapa contoh manfaat dari literasi digital, adalah meningkatnya kemampuan seseorang dalam mencari informasi, memproses dan menyusun informasi, melakukan komunikasi secara efektif, memanfaatkan teknologi dan juga aplikasi.

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Universitas Kristen Maranatha, Rosida Tiurma Manurung menyebut beberapa tips supaya terampil bermedia digital.

Baca juga: Hati-Hati! Kejahatan di Sosial Media Makin Marak

Seperti memahami teknologi, mencari sumber informasi yang andal, membuat profil media sosial yang profesional, menjaga privasi daring, membuat konten digital dan lain sebagainya.

Di era digital ini, kita dapat memanfaatkan dunia digital dalam berbisnis UMKM seperti membuka toko online, mempromosikan produk melalui beberapa platform, memanfaatkan aplikasi bisnis, dan juga UMKM dapat mengadakan acara virtual seperti webinar, konferensi online, dan pertemuan bisnis untuk mempromosikan produk mereka dan membangun jaringan bisnis.

Untuk itu, Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University Bandung, Roro Retno Wulan mengatakan, seseorang yang kreatif memang memerlukan pemikiran yang berbeda bahkan ada juga yang di luar nalar.

Pemikiran tersebut biasanya didapatkan ketika kita berada di suasana baru seperti nongkrong di café, pergi jalan-jalan, staycation dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kita akan mudah untuk mendapatkan ide-ide yang berguna untuk meningkatkan produktifitas.

Ide kreatif memang datang ketika kita melihat hal-hal baru, dan lingkungan serta pekerjaan yang monoton dapat menyebabkan seseorang stres dan memblokir ide kreatif seseorang. (ran)

Editor: Rany