25 radar bogor

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Kota Bogor Dilanda Bencana

Hujan Deras
Salah satu kejadian pohon tumbang di Kota Bogor akibat diterjang hujan deras yang disertai angin kencang, Minggu (7/3/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Hujan deras disertai angin yang mengguyur wilayah Kota Bogor pada Minggu (7/5/2023) sore kembali menyebabkan bencana.

Baca Juga : Hujan Deras, Tiga Pohon Tumbang di Tanah Sareal

Sedikitnya, ada lima kejadian bencana akibat hujan deras. Mulai dari rumah ambruk, atap rumah terbawa angin hingga pohon tumbang.

Rumah ambruk terjadi di Jalan Kedondong Raya, Kampung Ceger, RT 01/05, Kelurahan Tegalgundil, Kecamatan Bogor Utara pada pukul 08:00 WIB.

Penyebab ambruknya rumah milik warga bernama Babay Mubarok itu, disebabkan kondisi kontruksi rumah yang sudah rapuh alias masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), ditambah guyuran hujan deras yang terjadi beberapa hari belakangan ini.

“Kondisi ambruk terjadi pada bagian dapur dan kamar, serta tembok retak-retak hampir di seluruh bagian rumah terdampak,” kata Kepala BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas.

Kemudian, dilanjutkan Teofilo Patrocinio Freitas, atap rumah terbawa angin terjadi di Kampung Situ Pete Pulo, RT 05/10, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanahsareal pada pukul 15:00 WIB. Peristiwa itu lagi-lagi diakibatkan hujan deras disertai angin kencang.

“Atap rumah yang terbawa angin dibagian ruangan tamu dan dapur rumah milik Bapak Romi Januar, atapnya terangkat oleh angin kencang sehingga mengakibatkan seluruh ruangan terdampak menjadi basah diguyur hujan,” ungkap pria yang kerap disapa Theo.

Sementara, untuk pohon tumbang terjadi di halaman Kantor Kelurahan Cibadak, Perumahan Taman Sari Persada, RT 01/15, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanahsareal sekitar pukul 15:00 WIB.

Di mana, pohon jenis Ketapang dengan panjang 12 meter dan diameter 20 cm tumbang akibat hujan deras ditambah kondisi akar pohon yang sudah keropos.

Kemudian, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Amarilis 2, No 9, Perumahan Taman Cimanggu, Kelurahan Kedungwaringin, Kecamatan Tanahsareal sekitar pukul 14:30 WIB.

Pohon jenis Mangga dengan panjang sekitar 12 meter dan diameter 30 cm itu, tumbang hingga menimpa pagar serta menutup akses jalan warga.

Terakhir, pohon tumbang terjadi di Jalan Cendana, Kampung Budi Agung, RT 02/03, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanahsareal sekitar pukul 15:40 WIB.

Di mana, pohon jenis Rambutan dengan panjang 10 meter dan diamter 20 cm itu, tumbang akibat hujan deras dan kondisi batang pohon yang sudah keropos, hingga menimpa tembok pagar samping SMAN 2 Kota Bogor.

Baca Juga : Hujan Deras Bikin Banjir dan Atap Rumah Ambruk

“Khusus untuk pohon tumbang, personil TRC-PB BPBD Kota Bogor sudah turun ke lokasi dan melakukan pemotongan. Saat ini kondisi pohon tumbang sudah dievakuasi,” imbuh Kepala BPBD Kota Bogor.

Ditambahkan Teofilo Patrocinio Freitas, tidak ada korban jiwa dalam kejadian empat bencana ini. Assessment dan koordinasi tanggap darurat pun sudah selesai dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep