25 radar bogor

Longsor di Gang Saluyu, Akses Utama Warga dan Majelis Terputus

Petugas dari Dinas PUPR Kota Bogor mengecek kondisi longsor di Gang Saluyu RT 2 RW 6, Kelurahan Batutulis, Bogor Selatan, Sabtu (6/5). (Radar Bogor/Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Bencana longsor terjadi di Gang Saluyu RT 2 RW 6, Kelurahan Batutulis, Bogor Selatan pada Sabtu (6/5) pukul 17.15 WIB.

Longsor terjadi akibat tergerusnya tebingan di wilayah tersebut oleh derasnya aliran Sungai Cipakancilan.

Kejadian ini pun berdampak pada terputusnya akses utama warga setempat. Tak hanya itu longsor juga mengancam gudang kosong dan majelis yang berada tepat di pinggir area longsor.

Baca Juga: Kurang Perhatian, Warga Swadaya Bangun Pagar Pembatas Tebingan Longsor

Warga setempat, Iwan mengatakan, sebelum longsor itu terjadi, jalan tersebut retak dan terus menurun.

“Saat hujan besar air sungai terus naik dan mengakibatkan longsor,” jelasnya.

Ketua Pengajian Majelis Talim Wal Muzakkaroh Ar Ridho, Indra Ridho mengatakan, bangunan majelis kerap digunakan warga dan para pekerja untuk salat dan mengaji.

“Hari ini juga ada pengajian, sementara tetap berjalan namun tidak efektif. Banyak jemaah yang datang ke sini bahkan dari Bantarjati dan Sentul,” ucapnya.

Kami berharap Pemerintah Kota Bogor dan BPBD cepat melakukan penanganan agar kegiatan ibadah masyarakat berjalan aman dan nyaman kembali.

Baca Juga: Tebing Longsor, Satu Warga Terluka dan Akses Jalan Sempat Tertutup

“Longsor ini berdampak pada beberapa bagian majelis. Seperti tempat wudhu dan toilet yang mengalami kerusakan,” tuturnya.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto