25 radar bogor

Dibongkar Total, Ini Alasan Jembatan Otista Bukan Diperlebar Kiri-Kanan

bongkar jembatan otista
Jembatan Otista Kota Bogor mulai dibongkar total untuk proyek pembangunan. (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Langkah Pemerintah Kota Bogor membongkar total Jembatan Otista memaksa masyarakat harus berlelah-lelah menghadapi kemacetan dampak rekayasa lalu lintas yang diberlakukan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut ada 2 alasan proyek pelebaran Jembatan Otista tidak dilakukan dengan cara penambahan ruas jalan di sisi kanan dan kiri.

Baca Juga: Progres Pembangunan Ulang Jembatan Otista, Aspal Jalan Mulai Dibongkar

Pertama, menurutnya pembongkaran total dan pembangunan ulang jembatan nantinya akan memaksimalkan struktur Jembatan Otista baru.

“Kemudian alasan kedua, ke depan jembatan ini akan mengakomodir transportasi berbasis trem. Sehingga membutuhkan tekanan tonase yang lebih besar,” jelas Bima.

Jembatan Otista baru nantinya akan memiliki panjang 50 meter dan lebar 22 meter. Jembatan yang melintang di atas Sungai Ciliwung ini nantinya akan memiliki 4 lajur, jalur trem, dan jalur pedestrian.

Proyek pembangunan jembatan yang menghabiskan dana Rp52,6 Miliar itu ditargetkan rampung pada 8 Desember 2023 mendatang.

Baca Juga: Tiga Hotel-Penginapan Ini jadi Tempat Prostitusi Online Anak di Bawah Umur

Bima mengungkapkam, Jembatan Otista sudah pernah mengalami pelebaran sekitar tahun 1970-an dari sejak pertama kali dibangun pada 1920-an.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto