25 radar bogor

Profil Kim Min-jae, Mantan Anak Asuh STY yang Raih Scudeto Bersama Napoli

Kim Min-jae
Kim Min-jae sukses meraih scudeto bersama Napoli.

NAPOLI-RADAR BOGOR, Kim Min-jae berhasil membawa SSC Napoli meraih Scudetto musim ini. Torehan itu membuatnya menjadi orang Korea Selatan pertama dan kedua asal Asia yang melakukannya.

Kim Min-jae menjadi orang kedua asal Asia setelah legenda Jepang, Hidetoshi Nakata, melakukannya bersama AS Roma pada musim 2000/2001.

Namun, perjuangan Kim Min-jae tak mudah dalam mewujudkannya bersama Napoli. Pemain yang pernah dilatih Shin Tae-yong itu harus melalui beberapa fase sebelum mengukir sejarah bersama I Partenopei.

Baca Juga : Ulangi Kejayaan Maradona, Napoli Kunci Gelar Serie A!

Pemuda kelahiran Tongyeong, Korsel, 15 November 1996, itu harus meniti karier dari level terbawah. Pemain berusia 26 tahun itu sempat memulainya dari tim lokal hingga level universitas, seperti Dooryong ES, Gimhae Gaya ES, Nam. Haesung MS, Yeonche MS, Suwon THS, dan Universitas Yonsei.

Dia baru memulai petualangan dengan tim professional bersama Gyeongju KHNP pada 1 Juli 2016. Etos kerja keras penuh disiplin itu pula yang membuatnya direkrut Jeonbuk Hyundai. Hingga akhirnya dia direkrut klub Super League Tiongkok, BJ Guoan, dengan nilai Rp 91,25 miliar.

Perjalanan takdir terus membawa Min-jae ke level tertinggi. Setelah bepetualang di level Asia, dia akhirnya merasakan kompetisi sepak bola Eropa bersama Fenerbahce. Dia direkrut klub Turki itu senilai Rp 52,14 miliar pada 2021.

Akan tetapi, Kim Min-jae tak lama berseragam Fenerbahce karena dirinya diambilalih Napoli dengan kesepakatan Rp 313,74 miliar setahun kemudian.

Perekrutan itu pun dibayar melalui kinerja luar biasa Min-jae bersama Partenopei. Dia mencetak dua gol dari 14 laga bersama Napoli. Itu membuatnya menjadi bek produktif.

Performa yang terus menanjak itu pula yang membuatnya rutin mendapat panggilan bersama timnas Korsel. Dia tercatat telah bermain bersama Taeguk Warriors sebanyak 49 kali dengan 3 gol serta sudah koleksi 5 trofi bersama klub dan timnas.

Mulai Dilirik Klub Raksasa Eropa

Keberhasilan Kim Min-jae bersama Napoli membuat namanya menjadi bidikan sejumlah klub besar Eropa. Sebut saja Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspur, hingga Juventus terus mengamati perkembangan mantan anak asuh Shin Tae-yong tersebut.

Bahkan, Fulham dan Brighton and Hove Albion tak ketinggalan untuk menginginkan servis Min-jae dalam menyongsong kompetisi musim depan. (jpg)

Editor : Yosep