25 radar bogor

Pertama di Kota Bogor, SDN 2 Semplak Luluskan Penghafal Alquran

Para tahfidz SDN Semplak 2 saat berfoto bersama dengan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim pada prosesi wisuda, kemarin.
Para tahfidz SDN Semplak 2 saat berfoto bersama dengan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim pada prosesi wisuda, kemarin.

BOGOR-RADAR BOGOR, Program menghafal Alquran jarang ada di sekolah negeri, khususnya di beberapa kota besar. Salah satunya Kota Bogor.

Sebab biasanya, program tersebut hanya ada di sekolah-sekolah swasta di Kota Bogor, yang berada di bawah kewenangan Kementerian Agama (Kemenag). Seperti sekolah islam terpadu.

Namun terbaru, program itu diusung SDN Semplak 2 Kota Bogor, hingga meluluskan para wisudawan Tahfidz Alquran, Kamis, (4/5).

Sebanyak 23 pelajar SDN Semplak 2 Kota Bogor diwisuda, setelah dinyatakan lulus, atau hafal Alquran juz 30.

Mereka dinyatakan lulus, setelah diuji sebanyak tiga kali oleh orangtua murid, guru, dan juga perwakilan Kemenag Kota Bogor.

Kepala SDN 2 Semplak Kota Bogor, Radite mengatakan, wisuda tahfidz Alquran ini menjadi yang pertama di sekolahnya. Juga pertama di Kota Bogor.

Adanya program tahfidz, turunan program murojaah SDN Semplak 2 ini, kata dia, memang sengaja diusung untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran bagi siswa-siswinya.

Baca juga: Ramadan Berkah, SDN Margajaya 1 Siapkan Wisuda Tahfidz Perdana

Sebab Radite mengakui, bahwa pendidikan keagamaan di sekolah negeri masih kurang. Dan hanya mempelajari dasar-dasar saja, tidak sampai ke menghafal dan baca tulis Alquran.

Makanya dia berharap, dengan diwisudanya para tahfidz SDN Semplak 2, menjadi acuan sekolah lain mencontoh program yang dia jalankan sejak satu tahun lalu.

Harapannya pun diaminkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto. Ikut melihat prosesi wisuda tersebut, dia meminta program ini pun diterapkan di sekolah-sekolah lain. Baik di tingkat sekolah dasar, maupun menengah.

“Dan khusus SDN Semplak 2, saya akan berikan hadiah karena menjalankan program ini, di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun depan,” janjinya disaksikan para wisudawan, orang tua murid, juga tenaga pendidik SDN Semplak 2.

Apresiasi yang sama juga diberikan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim. Dia yang secara simbolis meluluskan para wisudawan itu mengungkapkan, bahwa penting program seperti ini diterapkan, untuk membentuk generasi emas.

“Lainnya, program ini juga mudah-mudahan menjadi pondasi anak nantinya, bisa menjauhkan kenakalan-kenakalan remaja di tingkat pendidikan berikutnya,” harap Dedie.

Karena seperti diketahui, kenakalan remaja seperti tawuran, kerap terjadi di Kota Bogor dari tahun ke tahun.

Dampaknya, beberapa nyawa calon pemimpin bangsa asal Kota Bogor harus melayang. Sebagian harus mendekap di balik jeruji besi. (ran)

 

Editor: Rany