25 radar bogor

Meski Macet, Tidak Ada Pembatasan Wisatawan di Akhir Pekan

Penutupan Jalan Otista menjelang revitalisasi jembatan yang berimbas pada kemacetan di berbagai titik Kota Bogor, Selasa (2/5). (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Meski berpotensi macet parah, arus lalu lintas di Kota Bogor dipastikan tidak ada pembatasan maupun pemberlakuan ganjil genap pada akhir pekan besok.

Hal itu disampaikan Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria pada Jumat (5/5). Ia mengatakan akan menyiapkan beberapa solusi apabila terjadi kemacetan.

Baca Juga: Macet Parah di Jalur Puncak, Wisatawan Pindah Liburan ke Sukamamur

Misalnya dengan pemberlakuan rekayasa sepenggal satu arah di Jalan Siliwangi menuju ke Jalan Suryakencana.

“Saat ini separator jalan di simpang Lawang Gintung sudah dibongkar untuk menambah lebar jalan. Ini bisa digunakan saat rekayasa one way ke Suryakencana,” ucap dia.

Sementara, kendaraan dari Jalan Pahlwan dapat lurus ke Batu Tulis dan Lawang Gintung atau belok kiri ke Suryakencana jadi tidak ada lagi perpotongan yang menyebabkan kemacetan.

Galih menyebut pihaknya juga akan mengatur arus lalu lintas secara manual tanpa lampu lalu lintas, apabila kemacetan semakin parah. Terutama di Bundaran Ekalokasari dan Simpang Jambu Dua.

Dirinya mengklaim kondisi lalu lintas pada hari keempat pemberlakuan rekayasa lalu lintas semakin lancar dan minim kemacetan. Terlebih pasca penambahan durasi lampu lalu lintas dan personel yang bertugas di sejumlah persimpangan.

Baca Juga: Rawan Bikin Macet, Perbaikan Underpass Sholis Tunggu Izin Kepolisian

“Sekarang ada kemajuan dibanding hari pertama. Saat itu ada beberapa titik kemacetan, namun sekarang bisa dikurangi. Biasanya macet sampai pukul 19.00-20.00. Sekarang jam 17.45 sudah terurai,” tuturnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto