25 radar bogor

Ditantang Nadiem Makarim, SMAN 3 Cibinong Kumpulkan 700 Konten Hardiknas 2023

Salah satu anak didik SMAN 3 Cibinong saat membuat konten Hardiknas. Foto: Tangkapan layar.
: Salah satu anak didik SMAN 3 Cibinong saat membuat konten Hardiknas. Foto: Tangkapan layar.

BOGOR-RADAR BOGOR, Ditantang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, ratusan pelajar SMAN 3 Cibinong adu kreatifitas.

Mereka membuat masing-masing satu buah video, atau konten sekreatif mungkin, dalam menggambarkan mengenai Hardiknas, tahun ini.

Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Iwan Kuswandi menerangkan, ide ini datang dari rapat para dewan guru, wakil kepala dan kepala sekolah, untuk menjadikan anak-anak kreatif, dan kekinian.

“Makanya kami sepakat menugaskan anak, masing-masing membuat konten Hardiknas, yang kekinian,” beber dia kepada Radar Bogor, kemarin.

Kata Iwan, tiap-tiap anak dibebaskan berkreasi, mengucapkan Hardiknas, tanpa keluar dari makna hari pendidikan itu sendiri. Mereka diminta untuk membuat video, maksimal berdurasi satu menit.

Cara sekolah mengambil ide untuk membuat konten, yang sangat dekat dengan dunia digital seperti zaman sekarang terbukti manjur menarik peserta didik sekolah dengan julukan SMANTIC itu.

Baca juga: SMAN 3 Cibinong Hadirkan Suasana Ramadan Lewat Sanlat dan Lomba

Ratusan konten telah dikumpulkan, sejak sekolah menginstruksikan pada Selasa, (2/5) lalu. Iwan menyebut, konten-konten itu nantinya dinilai tenaga pendidik.

“Sekolah akan memilih tiga konten paling kreatif, yang akan kami berikan hadiah,” tegas Iwan.

Dia juga menyebut, bahwa setiap konten anak, akan di publish di youtube sekolah, secara bertahap, sehingga membuat anak merasa bangga, akan hasil kreatifitasnya masing-masing.

Lainnya, Iwan berharap, kegiatan ini membuat anak terus menggali kreatifitas masing-masing, di tengah mudahnya dunia di era digital seperti sekarang ini. (ran)

 

Editor: Rany