25 radar bogor

Sedekah Oksigen, Tanaman Hias Dibagikan Gratis ke Ratusan Tempat Nongkrong

Tanaman hias milik Minaqu Indonesia yang dibagikan secara gratis ke ratusan kafe di Kota Bogor. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jika sering nongkrong di kafe-kafe, Anda bakal lebih sering menjumpai tanaman hias di atas meja. Bahkan, pemandangan daun-daun Scindapsus terlihat hampir di semua kafe Kota Bogor.

Hal itu memang baru terlihat ramai beberapa waktu belakangan ini. Jika diperhatikan seksama, pot mini berwarna putih itu berlabelkan Minaqu Indonesia.

Ya, pot putih dengan permukaan cocopeat itu didatangkan langsung dari eksportir tanaman hias asal Bogor. Akan tetapi, aneka tanaman hias itu dibagikan secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga: Tanaman Hias Masuk Bogor Valley Hotel, Dedie Minta Hotel Lain Menyusul

Direktur Minaqu Indonesia, Yasmin Sanad mengungkapkan, sebanyak 163 kafe yang telah disasar pembagian gratis tanaman hias. Setiap kafe mendapatkan jumlah yang berbeda-beda, bergantung kebutuhan atau kapasitas kawasannya. Alhasil, ada ribuan tanaman yang telah disebar ke sejumlah sudut-sudut tempat nongkrong Kota Bogor.

“Iya, program CSR sedekah oksigen ini sudah mulai kita galakkan sejak bulan lalu. Target kita akan menyasar semua kafe di Kota Bogor. Makanya, jangan heran kalau di meja-meja kafe atau restoran nanti akan ketemu tanaman Minaqu,” terang Yasmin kepada Radar Bogor, Kamis (4/5).

Baginya, tanaman asli lebih baik dibandingkan menghadirkan tanaman artifisial sebagai hiasan. Selain menyegarkan udara, tanaman asli jauh lebih segar dipandang. Tak perlu pula perawatan esktra untuk tanaman-tanaman meja tersebut.

Upaya itu memang menjadi rintisan awal untuk menghijaukan Kota Bogor. Yasmin juga mengaku terpacu dengan penghargaan Adipura yang ditorehkan Kota Hujan, baru-baru ini. Penghargaan itu harus dipertahankan dan didukung melalui berbagai cara, termasuk menyebar tanaman hias ke semua titik Kota Bogor.

Meski begitu, Yasmin tak menampik program tersebut juga tetap berkaitan erat dengan bisnis tanaman hias yang terus digenjot Minaqu Indonesia. Baginya, menghadirkan tanaman hias lebih dekat ke masyarakat juga bisa ikut mendongkrak pemasaran.

“Konsepnya, kita bagikan tanaman hias secara gratis selama satu bulan, semacam free trial. Kalau tertarik melanjutkan, bisa kontak Minaqu nantinya untuk suplai, perawatan, maupun desain tambahan,” papar Yasmin.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengapresiasi gebrakan Minaqu dalam membantu menghijaukan Kota Hujan. Ia mengakui, perusahaan eksportir itu punya peran cukup banyak dalam memasyarakatkan tanaman hias.

“Bogor dikelilingi oleh perguruan tinggi prestise dan paham di bidang pertanian termasuk florikultura. Ini yang jadi modal Kota Bogor untuk mendukung pengembangan tanaman hias dan menjadikan Kota Bogor salah satu produsen tanaman hias di Indonesia,” tandas Dedie.

Baca Juga: Pelopori Green Hotel, Tanaman Hias Serbu Bogor Valley Hotel

Ia pun berharap, langkah itu juga bisa membawa keuntungan bagi para petani tanaman hias di Kota Bogor. Apalagi, pengembangan dan pembinaan tanaman hias itu juga telah dijajaki sejak lama oleh Minaqu di Kelurahan Bojongkerta, Bogor Selatan.

“Jadi, memang ini salah satu upaya kita meningkatkan ekonomi tanaman hias Kota Bogor, dengan membuka akses penjualan,” pungkas Dedie. (*/mam)