25 radar bogor

Ruko di Suryakencana Terbakar, Satu Korban Alami Luka Bakar

Suryakencana
Ruko di Suryakencana yang terbakar Kamis (4/5/2023) pagi.

BOGOR-RADAR BOGOR, Ruangan mess karyawan ruko resto dan minimarket Lawson Station di Jalan Suryakencana, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor terbakar, pada Kamis (4/5/2023). Satu orang terluka saat hendak mencoba memadamkan api.

Baca Juga : Sisir Kawasan Suryakencana, Satpol PP Tertibkan Tunawisma

Karyawan Resto dan Minimarket Lawson Station Suryakencana, Arman fadila mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 06.30 WIB. “Yang terbakar itu hanya dibagian lantai 3, itu sebenarnya tempat untuk mess karyawan,” kata Arman (21).

Menurut dia, kejadian bermula saat dirinya dan kepala toko bernama Alvin seperti biasanya tengah menyiapkan sajian makanan untuk kebutuhan restonya.

Keduanya memasak di dapur yang posisinya berada di lantai paling bawah. Namun, Arman baru menyadari tiba-tiba banyak asap di ruangan dapur tersebut.

Saat ditelusuri, Arman menyadari bahwa asap tersebut berasal dari lantai atas ruko tersebut. Saat itu kondisi api di atap lantai 3 ruko Lawson Station Suryakencana tersebut sudah membesar.

“Saat kejadian saya lagi masak di bawah, saya amati kok banyak asap, langsung otomatis saya naik ke lantai 3 ternyata (api) gede banget,” jelas Arman.

Menurut dia, sumber api sendiri berasal dari atap ruko yang diduga diakibatkan korsleting listrik. Sedangkan Kepala Toko Alvin mengalami luka bakar pada bagian telapak tangannya. Saat ini, korban langsung dilarikan ke RS Vania untuk mendapatkan perawatan.

“Jadi luka kena besi tangga, kan kebetulan saat kebakaran terjatuh dan pegangan ke besi yang panas karena kebakar. Luka dibagian tangan dan langsung dibawa RS Vania,” terang dia.

Adapun material yang terbakar adalah kontainer-kontainer yang berisikan peralatan, dan bahan memasak. “Ada peralatan masak dan gudang tempat penyimpanan bahan makanan yang terbakar,” ucap dia.

Sementara itu, Komandan Sektor Sukasari pada Damkar Kota Bogor Zaelani mengaku tak ada kendala saat melakukan pemadaman api. “Butuh waktu sekitar 15 menit untuk memadamkan api, dan saat ini masih pendinginan,” ucap dia.

Baca Juga : Martabak Encek Suryakencana, Setia Memanggang dengan Arang

Dugaan sementara, dijelaskan Zaelani, kebakaran ruko di Suryakencana itu akibat arus pendek yang memicu terjadinya korsleting listrik.

Menurut dia, setidaknya pihaknya mengerahkan empat mobil damkar ke lokasi kejadian untuk memadamkan api “Satu mobil damkar berasal dari Kabupaten Bogor,” tukas dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep