25 radar bogor

Rawan Bikin Macet, Perbaikan Underpass Sholis Tunggu Izin Kepolisian

Underpass Sholis
Suasana Underpass Sholis. Perbaikan sambungan di Underpass Sholis dilaksanakna mulai Senin 29 Mei 2023. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Kondisi lalu lintas Kota Bogor yang macet imbas penutupan Jembatan Otista tampaknya bakal bertambah parah. Pasalnya, akan ada gangguan tambahan dari proyek perbaikan Underpass Sholis yang dijadwalkan mulai berlangsung di Mei ini.

Baca Juga : Siap-siap Macet, Jembatan Otista dan Underpass Sholis Direvitalisasi Bersamaan

Sambungan jalan di lintasan Underpass Sholis yang sempat beberapa kali rusak itu, akan diperbaiki dengan lebih serius oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN). Mereka akan mengganti plat besi yang kondisinya mengkhawatirkan dengan box culvert serta aspal.

Namun rencana perbaikan ini akan membuat sebagian ruas Jalan Sholis ditutup saat pengerjaan berlangsung. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada tersendatnya arus kendaraan yang melintas.

Menjawab kekhawatiran itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN 5.2 DKI Jakarta-Jawa Barat Adrianto Putra Prasetyo mengatakan, pihaknya akan memperhitungkan potensi tersebut bersama Satlantas Polresta Bogor Kota dan Pemerintah Kota Bogor.

“Kami tidak ingin menambah kemacetan Kota Bogor. Oleh karena itu pekan depan kami akan memaparkan rencana proyek dan berdiskusi solusi manajemen lalu lintas yang akan diberlakukan selama pekerjaan berlangsung,” ujarnya kepada Radar Bogor, Kamis (4/5/2023).

Awalnya, Adrianto berencana melakukan penutupan lajur secara bergantian saat perbaikan berlangsung. Pertama pihaknya akan menangani lajur kiri Jalan Sholis dari Yasmin menuju KS Tubun dilanjutkan pada lajur kanan. Kemudian berlanjut pada jalur kanan Jalan Sholis dari KS Tubun menuju Yasmin serta lajur kirinya.

“Namun sebelum itu, kami akan mendengarkan saran dan masukkan dari Satlantas Polresta Bogor Kota dan menunggu izin dari mereka terlebih dahulu,” tekannya.

Dalam rencananya, proyek perbaikan Underpass Sholis mulai efektif berjalan setelah produksi box culvert yang dipesan selesai. Atau pada 2-3 minggu ke depan. Anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan Underpass Sholis yakni senilai Rp692 juta. BBPJN menargetkan proyek ini rampung bulan Agustus 2023 mendatang. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep