25 radar bogor

Dua Rumah di Sindangbarang Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Sindangbarang

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak dua unit rumah warga di Kampung Sindangbarang Pilar, RT 001/006, Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor terendam banjir pada Rabu (3/5/2023) malam.

Baca Juga : Hujan Deras Bikin Banjir dan Atap Rumah Ambruk

Penyebab dua rumah di Sindangbarang yang dihuni 11 orang itu terendam banjir, akibat tanggul penahan air yang ada di sekitar jebol imbas meluapnya Kali Cibanten.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Kota Bogor, kejadian tanggul jebol ini terjadi sekitar pukul 20:30 WIB. Di mana, penyebab kejadian ini dikarenakan hujan deras yang terjadi di wilayah tersebut, dan kontruksi tanggul yang masih dalam perbaikan.

“Terendam air dikarenakan tanggul Kali Cibanten sepanjang 4 meter dengan tinggi 2 meter kembali jebol,” kata Kepala BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas.

Kejadian tanggul jebol, dijelaskan pria yang akrab disapa Theo ini menyebabkan dua rumah milik warga bernama Hadi Suhendar dan Titin terendam banjir.

Meski begitu, kondisi rumah di Sindangbarang yang terendam banjir itu, saat ini sudah berlangsung kondusif, karena setelah dilaporkan, personel TRC PB BPBD Kota Bogor langsung turun dan melakukan aksi tanggap darurat.

“Petugas sudah melakukan kerja bakti menutup luapan air yang masuk ke rumah warga. Dan tanggul tersebut sedang dalam proses penanganan oleh PUPR Kota Bogor,” ucap dia. “Kebutuhan mendesaknya, perlunya penanganan dan perbaikan tanggul secepatnya,” tukas dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep