25 radar bogor

Aliran Kali Tersumbat, Puluhan Rumah Warga di Bojonggede Terendam Banjir

Petugas BPBD Kabupaten Bogor saat memantau lokasi Kali Baru yang meluap di Kecamatan Bojonggede. (Radar Bogor/Hendi Novian)

BOJONGGEDE-RADAR BOGOR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 50 rumah di Kampung Parakanjati, Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede terdampak banjir.

Peristiwa yang terjadi pada Rabu (3/5) sore itu diduga akibat penyumbatan sampah di aliran sungai di kawasan tersebut.

Baca Juga: Dua Rumah di Sindangbarang Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin mengungkapkan, pada saat evakuasi banjir pihaknya telah berupaya mengangkut serta membersihkan sampah di aliran sungai.

“Sampah menyumbat, ada beberapa pohon besar yang berada di aliran kali dan apabila hujan deras kembali dikhawatirkan banjir kembali terjadi,” ujarnya, Kamis (4/5).

Berdasarkan asesmen kondisi terakhir di kawasan yang terdampak banjir, pihaknya menilai harus ada tindakan lebih lanjut dari instansi terkait. Jika kembali diguyur hujan, kawasan tersebut dikhawatirkan akan kembali tergenang banjir.

Jalaludin juga mengungkapkan, dari 50 rumah yang terdampak banjir dari luapan air kali ke pemukiman warga tersebut, terdapat 125 jiwa.

“TRC BPBD Kabupaten Bogor kemudian melakukan Koordinasi dengan aparat setempat, melakukan pendataan, analisa, dan memberi imbauan ke warga sesuai SOP kebencanaan,” jelasnya.

Baca Juga: Hujan Deras Bikin Banjir dan Atap Rumah Ambruk

Meski begitu, pihaknya memastikan bahwa banjir lintasan tersebut tidak mengakibatkan kerusakan pada bangunan terdampak banjir.

“Juga tidak ada korban jiwa maupun korban luka dari kejadian banjir tersebut,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto