25 radar bogor

Waspada, Kasus Covid-19 Kembali Meningkat. Sudah 37 Orang Meninggal!

Ilustrasi Kasus Covid-19
Ilustrasi Varian Baru Covid 19

JAKARTA-RADAR BOGOR, Masyarakat patut waspada, kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan. Sudah 37 orang dilaporkan meninggal dunia.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Kembali Naik, RS Diminta Bersiap dan Waspada

Berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan, kasus Covid-19 di Indonesia Per 29 April 2023, bertambah sebanyak 2.074 orang. Jumlah itu tertinggi sejak 10 bulan terakhir.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril menjelaskan, peningkatan kasus Covid-19 ini dipengaruhi oleh positivity rate yang meningkat menjadi 14,76%. Sementara untuk tingkat keterisian Rumah Sakit atau Bed Occupacy Ratio (BOR) juga naik jadi 7,47%.

Lebih jauh lagi, kasus meninggal karena Covid-19 juga dilaporkan meningkat sejak awal April. Kenaikan paling signifikan terjadi pada 28 April 2023 dengan 37 kematian. Kemudian pada 29 April 2023 menurun dengan 14 kematian.

Oleh karena itu, Syahril mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada terhadap peningkatan kasus Covid-19 ini. Caranya adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, utamanya memakai masker saat sakit dan saat berada di kerumunan.

“Kuncinya protokol kesehatan, dengan disiplin menerapkan panduan tersebut diharapkan dapat meminimalisir risiko penularan Covid-19, terutama di tempat-tempat yang tingkat kerumunannya tinggi,” katanya kepada wartawan, Rabu (3/2/2023).

Ia juga mendorong seluruh masyarakat untuk menyegerakan vaksinasi Covid-19 baik dosis lengkap maupun booster. Saat ini, terdapat vaksin Indovac yang bisa digunakan untuk vaksinasi Covid-19. Penambahan jenis vaksin ini diberikan untuk sasaran yang mendapatkan vaksin primer Pfizer.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Meningkat, Masyarakat Diminta Pakai Masker Lagi

“Vaksin booster kedua Indovac dapat diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi booster pertama Covid-19. Vaksin booster kedua bisa diberikan dosis penuh atau 0,5 ml,” jelas Syahril

“Pemberian vaksin lengkap dan booster kedua bisa didapatkan masyarakat di fasilitas pelayanan kesehatan maupun pos pelayanan vaksinasi terdekat di kota Anda,” pungkasnya. (jpg)

Editor : Yosep