25 radar bogor

Sekda Bogor: Kades Harus Mampu Kelola Potensi dan Masalah di Desanya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin dalam pembekalan kades di Hotel Accram, Kecamatan Megamendung, Rabu (3/5). (ist)

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengingatkan para kepala desa (kades) agar mampu mengelola potensi dan masalah di desanya dengan baik.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi narasumber pada pembekalan kades di Hotel Accram, Kecamatan Megamendung, Rabu (3/5).

Baca Juga: Kalau Mau Nyaleg, Kades Diminta Segera Mundur dari Jabatan

Acara pembekalan diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, diikuti para Kades yang terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II. Pembekalan Kades berlangsung selama dua hari, sejak Selasa (2/5).

“Ada dua yang akan dihadapi oleh Kades di desanya, yakni masalah yang dihadapi dan potensi yang dimiliki. Maka kepala desa harus bisa mengelola potensi dan masalah di desanya masing-masing dengan baik,” ujar Burhanudin.

Ia juga mengingatkan, semua kades bekerja harus tahu jati diri, siapa, apa tugasnya, bekerja untuk siapa dan dengan siapa.

“Dalam bekerja itu tidak ada yang namanya Superman, hanya ada Superteam. Mudah-mudahan para kepala desa bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah yang sudah diberikan oleh masyarakat,” tandas Burhanudin.

Ia menambahkan, kades harus membuat tahapan-tahapan perencanaan kerja. Misal, tahun pertama mengerjakan apa, tahun kedua, hingga seterusnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Kades Netral dan Gali Potensi Desa

“Semua harus bisa tergambar dengan baik, sehingga bisa memimpin desa sesuai dengan amanah yang diberikan masyarakat,” tutupnya.(*/adv)

Editor: Imam Rahmanto