25 radar bogor

Ketum Parpol Bertemu Jokowi di Istana, Surya Paloh Tak Hadir. Kenapa?

Ketum Parpol
Sejumlah Ketum Parpol usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (2/5/2023) malam.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Jokowi mengundang para ketum parpol di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023) malam, dalam rangka silahturahmi. Pertemuan berlangsung selama 2,5 jam sejak pukul 19.00 WIB hingga 21.35 WIB.

Baca Juga : Mantan Anggota DPR RI Ini Sarankan Masyarakat Tak Memilih Parpol yang Mengecewakan

Mereka di antaranya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono. Namun, Ketum Parta NasDem Surya Paloh tak tak hadir.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan alasan Surya Paloh tak hadir dalam undangan tersebut. Menurut Prabowo, Surya Paloh sedang berada di luar negeri.

“(Ketum NasDem) sedang di luar negeri,” kata Prabowo usai bertemu Presiden Jokowi bersama lima ketum parpol lainnya.

Prabowo menuturkan, lamanya pertemuan para ketum parpol itu karena penuh pembicaraan yang bersahabat dan kekeluargaan. “Karena bersahabat dan kekeluargaan,” ungkap Prabowo.

Sementara itu, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku belum mendapatkan penjelasan terkait ketidakhadiran Surya Paloh. “Penjelasannya belum kita terima,” ujar Airlangga.

Dia menampik membahas isu politik jelang Pemilu 2024 dengan Presiden Jokowi, bersama ketum parpol lainnya. Ia menekankan, pertemuan itu hanya memfokuskan pembahasan perekonomian Indonesia ke depan.

“Tadi kita nggak bahas spesifik mengenai itu (Pemilu 2024, Red) tapi lebih kepada perekonomian ke depan. Sering disampaikan juga dengan Pak presiden terkait dengan tantangan middle income trap,” papar Airlangga.

Pria yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu mengatakan, enam ketum parpol pendukung Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin mempunyai pemahanan yang sama, terhadap kondisi bangsa ke depan. “Kami punya pemahaman yang sama enam partai yang bertemu presiden hari ini,” tegas Airlangga.

Sebelumnya, politikus Partai NasDem Charles Meikansyah menyatakan, Surya Paloh tak diundang dalam pertemuan enam ketum parpol pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023) malam.

“Ketum Partai Nasdem Pak Surya Paloh sampai siang ini (kemarin, red) tidak mendapatkan undangan untuk acara nanti malam, yang kedua yang jelas kalau kami diundang, biasanya kami dengan baik akan hadir. tapi kalau kami juga tidak diundang, kami menghormati atas ketidakdiundangan tersebut,” ungkap Charles, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga : Jelang Pemilu 2024, LS-Vinus Rilis Hasil Survei Bupati, Parpol, dan Anggota DPRD Bogor

Namun, Charles menghormati keputusan tersebut. Terpenting, momentum Idul Fitri 1444 Hijriah ini dijadikan ajang saling memaafkan.

“Tidak masalah. Yang jelas NasDem diundang tidak diundang sangat menghormati arti undangan, artinya kalau diundang kita sangat menghormati, tidak diundang pun kita memahami itu semua,” ucap Charles. (jpg)

Editor : Yosep