25 radar bogor

Jalan di Rumpin Hancur Lebur, Masyarakat Desak PUPR Segera Benahi

Kondisi jalan raya Cicangkal - Leuwiranji yang belum ada perbaikan. (Radar Bogor/Jaenal Abidin)

RUMPIN-RADAR BOGOR, Forum Masyarakat Desa Kecamatan Rumpin kembali menyurati DPUPR Kabupaten Bogor. Hal itu terkait desakan pembangunan ruas jalan penghubung tiga desa.

“Kami menyampaikan desakan pembangunan ruas jalan Ciparigi Warung Jata dan Malahpar-Dangdang,” ungkap Koordinator Forum Masyarakat Desa, Junaedi Adhi Putera, Selasa (2/5).

Baca Juga: Duel Dua Lawan Satu, Satpam SMPN 2 Rumpin Lumpuhkan Pelaku Curanmor

Ia mengatakan, dua ruas jalan ini belum tersentuh pembangunan. Padahal, jalan itu menjadi akses penghubung Desa Kertajaya, Mekarsari, Sukamulya, dan menuju Kabupaten Tangerang.

“Berbagai upaya telah kami tempuh dari menyampaikan melalui aspirasi Anggota DPRD di Musrembang Kecamatan, namun belum ada respon kepastian kapan dibangun,” kata Junaedi.

Pihaknya berharap agar ada betonisasi di ruas jalan tersebut. Jalan itu angat penting bagi warga, khususnya untuk mobilitas ekonomi.

“Ada 30 persen jalan milik kabupaten di Kecamatan Rumpin yang belum tersentuh pembangunan atau rusak parah,” ucapnya.

Di antaranya ruas Jalan Cicangkal Lewiranji, Ciparigi Warung Jata, Malahpar Dangdang, Janala Cijeungir, Lebakwangi- Parung Panjang

“Kami butuh perbaikan karena kerap dilewati truk tambang,” cetusnya.

Kerusakan jalan tersebut berlangsung sejak tahun 2010. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Pembangunan Jalur Tambang di Rumpin Tertunda, Mahasiswa Mandi Lumpur

“Upaya UPT jalan juga belum maksimal. Untuk perawatan jalan saja diberikan kepada pihak yang bukan bidangnya, makanya banyak jalan diurug pakai limbah,” tuturnya.

Ia berharap keinginan warga Rumpin bisa mendapatkan jalan yang baik dan layak bisa terpenuhi.

“Dampaknya tidak hanya kesehatan saja, tapi akses setiap hari sangat terganggu dan harus hati-hati ketika melewati jalan yang rusak,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto