25 radar bogor

Puluhan Buruh Kota Bogor Serbu Jakarta Tolak UU Cipta Kerja

Buruh
Buruh dari Kota Bogor saat ikut berdemo ke Jakarta, Senin (1/5/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan buruh Kota Bogor, menyerbu Jakarta di momen Hari Buruh Internasional. Mereka terlihat memadati Stasiun Bogor pada Senin (1/5/2023).

Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPB) Kota Bogor, Budi Mudrika mengatakan dalam aksi unjuk rasanya tersebut, mereka bersama federasi buruh lain akan menyuarakan penolakannya terhadap Undang-undang (UU) Ciptakerja atau Ombibus Law.

“UU Cipta Kerja menuangkan beberapa poin yang isinya tidak sesuai dengan buruh. Misalnya hak pesangon, ini banyak merugikan. Kami menganggap UU Cipta Kerja ini tidak lebih baik dari UU sebelumnya,” ujarnya.

Baca Juga : Ribuan Buruh Demo, Berikut Rekayasa Lalu Lintas Sekitar Gedung DPR

Ia menilai, kehadiran UU Cipta Kerja datang dari kontribusi pemikiran pemangku kebijakan. Oleh karena itu dirinya berharap ke depan ada calon presiden yang peduli dan pro pada buruh.

“Kami juga menyampaikan beberapa tuntutan lain yakni supremasi hukum agraria. Itu tertuang dalam tuntutan yang kami sampaikan.

Tuntutan itu mereka sampaikan di dua tempat. Pertama di Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Istana Merdeka. Kedua mereka akan menyampaikan tuntannya itu di Istora Senayan Jakarta.

“Ada sekira 60 orang buruh yang berangkat. Awalnya kami berencana menggunakan motor. Namun setelah dipertimbangkan kami memutuskan untuk menggunakan Kereta Commuterline,” terangnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep