25 radar bogor

Kasus Covid-19 Kembali Naik, RS Diminta Bersiap dan Waspada

Ilustrasi. Vaksinasi. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Angka kasus positif Covid-19 di Kota Bogor kembali meningkat. Hal itu berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, baru-baru ini.

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengakui adanya kenaikan angka kasus positif Covid-19. Terkini, Dinkes mencatat sebanyak 42 orang yang mengisi tempat tidur isolasi di sejumlah Rumah Sakit (RS) Kota Bogor.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Masyarakat Diminta Pakai Masker Lagi

“Benar, ada kenaikan tapi masih terkendali. Mayoritas (pasien) bergejala ringan,” terangnya kepada Radar Bogor, Senin (1/5).

Ia menerangkan 42 pasien tersebut didominasi datang dari wilayah luar Kota Bogor yakni 21 pasien dari Kabupaten Bogor dan 5 pasien dari kota lain. Sementara pasien yang merupakan warga Kota Bogor berjumlah 16 orang. Meski demikian, Retno menyatakan jumlah tersebut masih tergolong terkendali.

“Dari jumlah tersebut kebanyakan tinggal di tempat tidur isolasi zona merah dan kuning sebanyak 17 orang. Sebanyak 1 pasien di UGD dan 3 pasien di ICU,” tuturnya.

Kenaikan kasus tercatat mulai terjadi sejak pertengahan bulan April 2023. Di tanggal 15 April Dinkes mencatat ada 15 pasien yang dirawat di ruang isolasi. Angka ini kembali bertambah pada tanggal 25 April berjumlah 16 pasien.

Pasien tercatat bertambah 10 orang menjadi 26 pasien di tanggal 26 April. Dua hari berselang (tanggal 28 April 2023) pasien bertambah menjadi 37 orang.

Baca Juga: Kabupaten Bogor Terima Tambahan Vaksin Booster, Terget 10 Ribu Warga

Hingga Minggu, 30 April 2023 kemarin capaian vaksin ke-14 Covid-19 Kota Bogor baru mencakup 65,57 persen atau 5908 orang. Dengan golongan terendah yakni kelompok remaja. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto