25 radar bogor

Simpan Banyak Kekayaan Budaya, Galeri Pusaka Ki Gatut Diapresiasi Disparbud

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor menyambangi Galeri Pusaka Ki Gatut pada Jumat (28/4/2023). Mereka menyaksikan langsung aneka koleksi pusaka yang terpajang rapi di sana.

Perwakilan Disparbud, Dian Heriawan menjelaskan kunjungan tersebut menjadi bagian dari silaturahmi pihaknya ke potensi kekayaan Kota Bogor di bidang seni dan budaya.

Galeri Pusaka Ki Gatut dinilainya menjadi salah satu potensi yang dimiliki kota hujan. “Setelah dua sampai tiga kali berkomunikasi akhirnya kami mendapat waktunya untuk berkunjung ke sini. Ke depan kami akan mengunjungi potensi-potensi lainnya,” tuturnya.

Gatut Susanta menjelaskan koleksi pussakanya sudah ada sejak tahun 80-an. Sewaktu SMA dirinya baru memiliki keris dan tombak sebanyak 5 bilah saja. Namun seiring waktu berjalan koleksinya kian bertambah banyak.

“Alhamdulillah sekarang sudah dipajang sekitar 400 bilah. Masih ada juga yang di peti belum diwarangkain (dilindungi sarung),” tuturnya.

Gatut bercerita, dahulu koleksinya hanya disimpan. Ia baru akan mengeluarkannya pada saat pameran. Namun belakangan, karena semakin banyak yang berkunjung akhirnya ia memajangnya.

“Mereka berkunjung dari berbagai daerah untuk berbagai tujuan mulai dari sekadar melihat, meneliti untuk tugas akhir mahasiswa, relaksasi, hingga bersilaturahmi,” terang Gatut.

Ia menjelaskan Galeri Pusaka Ki Gatut miliknya, ditujukan untuk edukasi agar anak cucu generasi selanjutnya tetap bisa melihat dan melestarikam karya leluhur yang luar biasa itu. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep