25 radar bogor

Curug Nangka, Alternatif Liburan Bebas Macet di Kaki Gunung Salak

Kawasan wisata Curug Nangka, Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Bagi wisatawan yang masih ingin menghabiskan libur lebaran akhir pekan ini, bisa mencoba ke kawasan Tamansari, Bogor. Di sana, banyak tempat wisata yang patut dikunjungi. Salah satunya Curug Nangka.

Baca Juga : Horor, Warga Temukan Kerangka Wanita di Curug Nangka

Objek wisata air terjun di kaki Gunung Salak ini cocok untuk menuntaskan libur panjang lebaran. Curug nangka, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Berada di ketinggian 750 Mdpl dan dikelilingi hutan pinus.

Untuk tiket masuk, cukup terjangkau. Pengelola Curug Nangka tidak menaikan tarif selama libur lebaran tahun ini. Tiket masuk Rp32 ribu per orang. Untuk motor dikenakan biaya parkir Rp7.500 dan mobil Rp15 ribu.

“Selama libur lebaran ini gak ada kenaikan tarif.Ssama saja,” ujar Kepala Resort Wilayah Gunung Salak2, TNGHS, Sukiman, kepada Radar Bogor Jumat (28/4/2023).

Bukan saja terjangkau, wisatawan juga tidak perlu bermacet-macetan hingga berjam-jam seperti di kawasan Puncak.

Jika dari Jakarta, cukup keluar Tol Jagorawi arah Baranangsiang. Kemudian ke arah Tamansari. Setelah tiba di depan pintu gerbang Curug Nangka, wisatawan tinggal memarkir kendaraannya dan berjalan sekitar 700 meter untuk tiba di Curug Nangka.

Jika liburan ke Curug nangka, jangan lupa siapkan fisik. Karena lokasi air terjun berada di ketinggian dengan jalur berliku dan menanjak.

Namun, wistawan tidak usah khawatir, untuk menuju Curug Nangka sudah terdapat jalan setapak dengan medan yang sudah dibuat senyaman mungkin.

Sepanjang jalan, wisatawan juga bakal disuguhkan keindahan alam yang menenangkan. Jajaran pohon pinus menjulang tinggi berjejer rapi di sisi kiri. Sedangkan di sebelah kanan terlihat area persawahan dan pegunungan berhawa sejuk.

Keindahan air terjun merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Letak air terjun berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya.

Dengan air yang jernih dan udara yang segar memang sangat cocok untuk tempat bersantai. Air terjun ini, memiliki ketinggian sekitar 20 m. Kedalaman air di bawah air terjunnya hanya setinggi lutut orang dewasa. Debit airnya deras dan menghempas terbawa angin ke area sekitarnya.

Namun, bagi yang ingin berenang diharapkan untuk berhati-hati. Jika kondisi hujan, jangan coba coba berenang. “Kalau hujan, kami minta tidak berenang di sekitar Curug Nangka,” papar Sukiman.

Baca Juga : 3 rekomendasi curug di Bogor Barat

Kemping Ceria

Selain menikmati air terjun, kawasan wisata Curug Nangka juga memiliki tempat kemping. Wisatawan bisa membawa tenda sendiri atau juga menyewa di warung yang ada di sekitar tempat kemping Curug Nangka.

“Untuk kemping, itu dikenakan tarif Rp55 ribu. Sewa tenda bisa ke warung di sekitar, harganya bervariasi,” papar Sukiman. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep