25 radar bogor

Lagi, Pergerakan Tanah di Sukamakmur. Jalan Terputus, Tempat Ibadah Rusak!

Pergerakan Tanah
Kondisi jalan penghubung di Desa Sukawangi, Sukamakmur yang terputus akibat pergerakan tanah.

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Pergerakan tanah kembali terjadi di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamamur, Kabupaten Bogor. Bencana itu mengakibatkan sejumlah akses jalan terputus, rumah dan tempat ibadah juga rusak.

Data yang dihimpun Radar Bogor, pergerakan tanah yang terjadi April 2023 ini mengakibatkan dua jalan Penghubung kampung terdampak, tiga rumah dan dua tempat ibadah rusak.

Dua akses jalan yang terdampak, yakni akses jalan penghubung Kampung Cibeureum dan Wargaluyu. Kedua, akses jalan Kampung Sirnarasa dan Selawangi.

Baca Juga : Tiga Tahun, Desa di Sukamakmur Ini Empat Kali Dilanda Pergerakan Tanah

Untuk tempat ibadah yang rusak itu Musala Roudhotus Sa’adah dan Musala Nurul Hidaya. “Rumah rusak berat di Kampung Cibeureum, rumah rusak ringan di Kampung Ciawi,” paparnya.

Pengungsi pergerakan tanah di Sukawangi butuh popok dan makanan

Tiga hari sudah, puluhan pengungsi pergerakan tanah di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamamur Kabupaten Bogor mengungsi.

Saat ini, warga terdampak bencana pergerakan tanah itu masih berada di pengungsian. Sebagian dari pengungsi tersebut merupakan kelompok rentan. Di antaranya, ada bayi yang juga ikut mengungsi.

“Iya ada bayi, mereka butuh bantuan popok selama di pengungsian,” kata kepala Desa Sukawangi, Budiyanto kepada Radar Bogor Jumat (28/4/2023).

Selain itu, pengungsi saat ini membutuhkan bantuan logistik berupa makanan. Ia berharap bantuan logistik dari Pemkab Bogor bisa segera diterima warganya. “Kami harap segera dapat bantuan sembako buat masyarakat ini,” pintanya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep