25 radar bogor

Jangkau Wilayah yang Kesulitan Jalur Zonasi, Disdik Buka 4 Sekolah Negeri Baru

Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB.

BOGOR-RADAR BOGOR, Penyebaran sekolah yang tidak merata, membuat calon peserta didik di sejumlah wilayah Kota Bogor kesulitan lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jalur zonasi.

Calon peserta didik yang berasal dari Kecamatan Bogor Timur dan beberapa daerah di Kecamatan Bogor Utara, kesulitan mendapat peluang di jalur zonasi karena minimnya sekolah negeri.

Oleh karena itu, Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Ahmad Furqon mengatakan pihaknya akan membuka 4 sekolah negeri baru.

Baca Juga : PPDB Semakin Dekat, Disdik Bakal Terbitkan Juknisnya Pekan Depan

Keempat sekolah tersebut di antaranya SMP di Duta Pakuan, Kecamatan Bogor Timur, SMP bekas SD Cimahpar 3 di Kecamatan Bogor Utara, serta SD dan SMP Sekolah Satu Atap (SATAP) di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal.

“Namun keempat sekolah tersebut tidak akan membuka PPDB tahun ini, karena baru akan beroperasi di tahun depan,” beber Furqon kepada Radar Bogor, Kamis (27/4/2023).

Dirinya mengatakan, Disdik Kota Bogor sudah menggelar Focus Group Disscussion (FGD) bersama Kepala Sekolah SD, SMP, pengawas, Camat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk mengetahui kendala PPDB tahun lalu.

“Akan kami coba petakan formulasi dari jalur zonasi agar lebih menjangkau di wilayah yang tidak masuk kemana-mana seperti Kecamatan Bogor Timur dan Kecamatan Bogor Utara,” ucap Furqon.

Disdik Kota Bogor akan kembali menggelar rapat bersama stakeholder lain untuk memfinalisasi draft juknis PPDB yang sudah disusun. Juknis tersebut rencananya akan mulai disosialisasikan kepada masyarakat pada 8 Mei 2023 mendatang. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep