25 radar bogor

Komunitas Nasi Seribu, Patungan Untuk Prasmanan Mingguan

Komunitas Nasi Seribu di Kota Bogor. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Gerakan 10 pemuda asal Kota Bogor yang tergabung dalam Komunitas Nasi Seribu layak diacungi jempol.

Mereka rutin menyisihkan sebagian rezekinya untuk menggelar prasmanan gratis bagi puluhan ojol dan pemulung di kawasan Yasmin setiap pekan. Alasan mulia jadi dorongan mereka setia menjalankan program tersebut.

Baca Juga: Komunitas Peace Leader Gelar Safari Ramadan, Ini Tiga Lokasi yang Dikunjungi

kepedihan pandemi di tahun 2020 membuat Fatih Al Irsyad (22) bersama kedelapan temannya tergerak membantu orang lain yang terseok-seok mencari makan. Mereka lantas mengumpulkan uang yang kemudian digunakan untuk menyediakan menu makan siang untuk orang-orang yang membutuhkan.

“Saat itu konsepnya para ojol, pemulung, atau orang yang membutuhkan hanya perlu membayar seribu untuk mendapatkan makan siang. Makanya kami namakan komunitas ini jadi Nasi Seribu,” tuturnya.

Namun, konsep yang diusungnya itu hanya bertahan 1 hari saja. Karena di pekan selanjutnya para penerima manfaat diberikan makan secara cuma-cuma alias gratis.

Program Berbagi Nasi Prasmanan itu terus berlanjut di pekan-pekan selanjutnya bahkan hingga sekarang di saat pandemi sudah memudar. Fatih dan teman-temannya setia menyediakan makan siang setiap hari Sabtu selepas Zuhur di Pujasera Yasmin Sektor 3.

“Dananya kami kumpulkan patungan atau dari donatur yang ikut menyumbang. Setiap menggelar prasmanan kami menyuguhkan sekira 70 porsi,” terang dia.

Di momen Ramadan kemarin, komunitas Nasi Seribu menggelar program itu lebih sering dan ditujukan untuk anak-anak yatim binaan yang berasal dari wilayah Cimanggu, Bubulak, dan Gunung Batu.

“Puncaknya, pada tanggal 19 April 2023 kami menggelar buka puasa bersama dan santunan 100 anak yatim. Kami juga ajak untuk mendengarkan dongeng dan memberikan motivasi sehingga mereka mendapatkan pengalaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya,” tuturnya.

Baca Juga: Tutup Ramadan, Komunitas Sunday Walking Gelar Buka Puasa Bersama

Fatih bercerita, kegiatan-kegiatan berbagi memang akrab bagi ia dan teman-temannya. Sejak bersekolah di SMA Ummul Quro mereka kerap ikut serta dalam program sosial Nasi Jumat (Sijum).

“Tujuan kami ingin memudahkan orang lain. Harapannya apa yang kami berikan bisa memangkas pengeluaran mereka dengan cara menyediakan makan siang,” ucapnya.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto