25 radar bogor

Belum Ada Formula Khusus Penanganan Banjir di Bogor Barat

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengunjungi lokasi bencana banjir bandang di Kecamatan Leuwisadeng, Kamis (27/4). (Radar Bogor/Hendi Novian)

LEUWISADENG-RADAR BOGOR, Wilayah Bogor Barat Kabupaten Bogor kerap dilanda bencana alam setiap tahunnya. Terakhir, banjir melanda ratusan rumah warga di wilayah Kecamatan Leuwisadeng pada Senin (24/4).

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengaku belum memiliki formula khusus dalam menangani bencana khususnya banjir di wilayah Bogor Barat.

Baca Juga: Terdampak Banjir Bandang, Warga Leuwisadeng Dapat Bantuan Sewa Rumah

“Memang saya belum pelajari bagaimana penanganan bersama soal banjir di Bogor Barat, semualah di Kabupaten Bogor,” katanya usai meninjau lokasi banjir di Desa Sadeng, Leuwisadeng, Kamis (27/4).

Namun demikian, terang Iwan, pihaknya terus berkomunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Mulai dari sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, hingga asesmen ketika terjadi bencana yang berkaitan dengan sungai.

“Kalau di selatan sudah ada rekomendasi dari kementerian untuk perintah bongkar (bangunan), tapi kalau di sini belum ada,” jelas Iwan.

Di kawasan Puncak, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk mengevaluasi bentangan-bentangan sungai Ciliwung.

“Yang dibongkar itu ada 11 (bangunan) yang benar-benar di pinggir jalan,” ucapnya.

Baca Juga: Bencana Terjang Bogor, Plt. Bupati Pastikan Personil dan Anggaran Siap

Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati meminta masyarakat untuk senantiasa menjaga aliran sungai dengan baik, sebagai upaya meminimalisir terjadinya bencana banjir.

“Saya minta masyarakat di sini untuk menjaga aliran sungai. Jangan sampai aliran tersumbat oleh sampah dan lainnya. Saya juga perintahkan BPBD dan tim untuk melindungi masyarakat itu dengan meninggikan drainase di lokasi padat penduduk,” pungkasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto