25 radar bogor

32 Kepala Desa Dilantik, Ini Pesan Plt Bupati Iwan Setiawan

Kepala Desa
Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan melantik 32 Kepala Desa di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (27/4/2023).

CIBINONG – RADAR BOGOR, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan melantik 32 Kepala Desa di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (27/4/2023).

Dirinya berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah andil menyukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023.

“Serta segenap stakeholder yang telah berperan dalam seluruh tahapan Pilkades serentak gelombang II tahun 2023 di 36 desa pada 26 kecamatan sehingga dapat berlangsung aman, lancar, tertib dan kondusif,” ucap Iwan Setiawan.

Baca Juga : Iwan Setiawan, BPBD Harus Cepat Tanggap Bencana

Untuk diketahui, tingkat partisipasi pemilih pada pilkades gelombang II tahun 2023 rata-rata 79,39 persen. Sebanyak 32 kepala desa yang baru dilantik dengan komposisi laki-laki sebanyak 28 orang dan perempuan sebanyak 4 orang. Sementara 4 kepala desa lainnya akan dilantik setelah masa jabatan kepala desa sebelumnya selesai.

Kepada para kepala desa, Iwan Setiawan menyampaikan harus lebih baik dari kades sebelumnya atau dari periode sebelumnya. Dia juga mengingatkan agar para kades tidak tebang pilih memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Rangkul kembali seluruh elemen masyarakat, baik pendukung maupun bukan pendukung saat pilkades, untuk bersama membangun desa, sinergi dan kolaborasi dengan mitra strategis, cermat dan hati-hati dalam bertugas, hindari tindakan yang merugikan masyarakat maupun yang bertentangan dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu menurutnya, menjadi kepala desa di Kabupaten Bogor harus bersyukur. Karena dukungan keuangan yang sudah di atas rata-rata kabupaten lain di Indonesia. Dengan begitu, diharapkan dapat mengelola keuangan dengan baik, transparan, dan akuntabel.

“Kami secara maksimal ingin melayani masyarakat melalui para kepala desa, maka segera setelah ini saya harap para kades dapat langsung bekerja efektif,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menyebut, masih ada 4 kades yang belum dilantik dari hasil Pilkades Maret 2023 lalu. “Nanti empat desa yang akan habis masa jabatan tanggal 18 Mei akan kita lantik tepat waktu,” terangnya.

Dari 32 kepala desa yang dilantik hari ini, kata dia, ada 19 kades baru dan 13 kades lainnya merupakan kades petahana atau incumbent.

DPMD juga akan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) dan pelatihan kepada para kades agar mampu mengelola jalannya pemerintahan di tingkat desa.

“Setelah pelantikan ini, DPMD merancang kegiatan dalam bentuk peningkatan kapasitas bimtek yang akan diisi oleh seluruh Forkopimda, dimana materi yang akan diberi tentang program penyelenggaraan kegiatan pemerintahan,” tutupnya. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep