25 radar bogor

Penumpang Terminal Leuwiliang Melonjak 80 Persen Saat Arus Mudik

Terminal Leuwiliang
Petugas saat memeriksa kondisi salah satu bus di Terminal Leuwiliang.

LEUWILIANG – RADAR BOGOR, Selama arus mudik lebaran 2023, terjadi lonjakan penumpang hingga 80 persen di Terminal Leuwiliang. Namun, pasca lebaran terpantau menurun karena masih banyak yang belum melakukan arus balik.

Baca Juga : Leuwisadeng Dilanda Pohon Tumbang Hingga Banjir

“Untuk hari kemarin, jumlah penumpang yang naik ada 363 orang dan turun sekitar 248 orang dari jumlah 33 unit bus MGI, CBU, Damri dan Budiman,” ungkap Kepala Terminal Bus Tipe B Leuwiliang Wahyu Hidayat kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Namun, pasca lebaran terjadi penurunan penumpang sekitar 45 persen. “Dari tanggal 19 April ada kenaikan penumpang sampai 80 persen, tapi sekarang menurun, mungkin efek libur lebaran belum selesai jadi masih banyak yang berlibur,” katanya.

Total penumpang naik sejak arus mudik sampai sekarang di Terminal Leuwiliang ada 3.056 orang, sedangkan yang turun 2.822 orang. Data tersebut setiap harinya terus diupdate petugas di lapangan.

“Kami juga melakukan pengecekan kelengkapan surat kendaraan kembali dan semua sopir mematuhi aturan berkendara,” kata dia.

Untuk sopir, ia imbau agar selalu mengutamakan keselamatan penumpang, dan selalu mengecek kondisi badan sampai armada yang akan dikendarai.

“Mengendarai kendaraan harus dalam keadaan sehat, mematuhi rambu lalu lintas dan tidak ugal-ugalan di jalan,” tegasnya. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep